Ketua DPRD DKI Diadukan ke Badan Kehormatan soal Interpelasi

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 16:21 WIB
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dilaporkan ke Badan Kehormatan buntut dari penetapan jadwal sidang paripurna interpelasi terkait Formula E dalam rapat Bamus. Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dilaporkan ke Badan Kehormatan buntut dari penetapan jadwal sidang paripurna interpelasi terkait Formula E dalam rapat Bamus. Foto: CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) dewan oleh 4 wakil ketua dan 7 Fraksi di DPRD DKI Jakarta.

Tujuh Fraksi itu yakni Gerindra, PKS, Nasdem, Demokrat, Golkar, PAN, PKB-PPP.

Pelaporan ini merupakan buntut dari penetapan jadwal sidang paripurna interpelasi terkait Formula E dalam rapat badan musyawarah (bamus) pada Senin (27/9) lalu.


"Tadi kami dari 7 fraksi, 4 wakil ketua dan 7 ketua fraksi telah menyampaikan apa yang menjadi hak anggota dewan terhadap ketentuan atau aturan main yang berlaku di lembaga negara terhormat ini, yaitu apa yang tertuang di dalam tatib DPRD DKI Jakarta," kata Ketua Fraksi Golkar Basri Baco di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9).

Baco menyatakan Prasetio diduga telah melakukan maladministrasi terkait undangan rapat bamus dan pelaksanaan paripurna yang digelar hari ini.

"Maka BK lah tempat kita untuk menyampaikan, alhamdulillah sudah diterima dan sesuai tadi ketua BK sudah menyampaikan bahwa dalam waktu yang sesingkat-singkatnya akan segera diproses," kata Baco.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menyatakan dalam pelaporan itu, pihaknya melampirkan sejumlah bukti pendukung.

"Surat undangan itu, yang dibikin setelah (Bamus), surat undangan Bamus yang agendanya hanya 7. Surat undangan hari in yang tanpa paraf juga," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua BK Achmad Nawawi menyatakan akan menindaklanjuti laporan yang telah disampaikan tujuh Fraksi itu.

"Kami InsyaAllah akan melakukan tindak lanjut laporan kawan-kawan itu, tapi kita tunggu saja, karena kami BK itu anggotanya merupakan seluruh anggota fraksi, utusan fraksi itu ada semua," katanya.

(yoa/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK