Golkar Dukung Usul Pemerintah Pemilu 2024 Digelar 15 Mei

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 16:53 WIB
Ketua Komisi II DPR RI, Achmad Doli Kurnia mengatakan keputusan diambil Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dalam rapat pleno yang digelar pada Senin (27/9). Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Golkar menyetujui usulan pemerintah terkait pemungutan suara pemilu 2024 dilaksanakan 15 Mei 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar yang juga Ketua Komisi II DPR RI, Achmad Doli Kurnia mengatakan kesepakatan itu diambil Golkar dalam rapat pleno, Senin (27/9). Menurut Doli, Ketua Umum Airlangga Hartarto juga sudah menyetujui usulan pemerintah.

"Ketua umum setuju dan semua rapat menyatakan setuju tanggal 15 Mei," ujar Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (28/9).


Sementara itu, di Komisi II belum seluruh fraksi menyatakan setuju dengan usulan pemerintah. Oleh karena itu, menurut Doli, hal tersebut bakal dibahas lebih lanjut oleh DPR, pemerintah, dan penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Doli mengatakan, Komisi II akan segera membahas soal ini dalam rapat konsinyering. Menurut dia, hal ini untuk merespons usulan pemerintah.

"Apa yang menjadi kajian pemerintah itu bisa langsung bisa direspons dalam konsinyering itu, apa kendala KPU kalau misalkan kita gunakan konsep itu, kita cari titik temunya," ungkapnya.

Menurut dia, keputusan soal penetapan pelaksanaan Pemilu harus segera diambil. Hal ini agar ada kepastian untuk seluruh pihak.

"Sehingga tanggal 6 (Oktober) kita sudah punya pandangan sama untuk mengambil keputusan di rapat kerja Komisi II," paparnya.

Masalah tanggal pemungutan suara pemilu menjadi polemik. Pemerintah dan KPU tidak satu suara mengenai hal ini.

KPU sebelumnya mengusulkan agar pelaksanaan Pemilu tanggal 21 Februari. KPU beralasan, jika pemilu tetap digelar April, pihaknya khawatir akan ada perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang memakan waktu semakin lama. Terlebih jika MK memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Sementara, pemerintah mengusulkan agar pemilu dilaksanakan pada April-Mei 2024. Terkini, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengusulkan agar Pemilu dilaksanakan 15 Mei 2024.

(dmi/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK