Kronologi Citilink Mendarat Darurat Gara-gara Ulah Anak Kecil

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 16:58 WIB
Pesawat Citilink rute Jakarta-Batam mendarat darurat di Palembang setelah seorang anak melepas tutup pelindung tuas pintu darurat saat pesawat mengudara. Ilustrasi pesawat Citilink. Pesawat Citilink rute Jakarta-Batam mendarat darurat di Palembang setelah seorang anak melepas tutup pelindung tuas pintu darurat saat pesawat mengudara. Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Jakarta, CNN Indonesia --

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 944 rute Jakarta-Batam mendarat darurat di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan pada Senin (27/9).

VP Corporate Secretary & CS PT Citilink Indonesia, Diah Suryani mengatakan bahwa penerbangan itu dialihkan pada sekitar pukul 16.05 WIB. Penyebabnya, kata dia, seorang bocah melepas tutup pelindung tuas pintu darurat.

"Kejadian disebabkan oleh penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 dalam penerbangan tersebut melepas penutup pelindung tuas pintu darurat atau cover handle emergency exit di luar pengawasan orang tuanya," kata Diah kepada wartawan, Selasa (28/9).


Ia menyebutkan bahwa awak kabin dalam penerbangan itu kemudian melakukan tindakan sesuai prosedur. Pilot yang mendapatkan informasi tersebut kemudian memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke bandara terdekat.

Setibanya di bandara, dilakukan pengecekan teknis terkait kondisi pesawat. Dipastikan bahwa akibat tindakan tersebut pesawat dalam kondisi aman.

"Operasional penerbangan Citilink tetap berjalan dengan normal dan seluruh penumpang yang berada dalam penerbangan tersebut berada dalam kondisi baik," ujarnya

Awak kabin yang bertugas kemudian mengambil keterangan dari orang tua dan anak yang melakukan aksi tersebut. Mereka juga diperiksa oleh otoritas yang berwenang saat mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badarrudin II.

Pesawat yang mendarat, kata dia, telah diperiksa oleh tim teknis dan otoritas terkait. Hasil menunjukkan bahwa pesawat dinyatakan aman dan dapat melanjutkan perjalanan.

Oleh sebab itu, kru pesawat memutuskan untuk melanjutkan penerbangan ke Batam. Pesawat pun mendarat dengan selamat di tujuan.

"Citilink mengangkut anak-anak atas izin dan rekomendasi dari tim Satgas COVID-19 setempat (Bandar udara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang). Dalam hal ini, Citilink bertugas untuk memeriksa kembali kelengkapan dokumen calon penumpang sebelum akan naik ke pesawat," jelasnya.

(mjo/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK