Buka PON, Jokowi Singgung Kemajuan Infrastruktur Papua

tim | CNN Indonesia
Minggu, 03 Oct 2021 08:26 WIB
Presiden Joko Widodo yang ikut dalam pembukaan PON ke-20 di Papua turut menyinggung soal kemajuan infrastruktur di daerah setempat. Presiden Joko Widodo yang ikut dalam pembukaan PON ke-20 di Papua turut menyinggung soal kemajuan infrastruktur di daerah setempat. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ikut dalam pembukaan PON ke-20 di Papua turut menyinggung soal kemajuan infrastruktur di daerah setempat.

Pembukaan tersebut berlangsung di di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Jayapura, Sabtu (2/10) malam.

Jokowi juga bangga karena PON bisa digelar di Papua.


Menurutnya, hal itu menunjukkan kemajuan Papua dalam hal infrastruktur dan kemampuan menyelenggarakan acara besar di kancah nasional dan internasional.

"Pekan Olahraga ini menunjukkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan sudah banyak bukti mengapa ia menyebut bila infrastruktur Papua sudah berkembang.

"Stadion yang sangat megah ini, bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini," kata dia.

Pada pembukaan itu Jokowi juga menyebut bila stadion tempat acara ini dibuka merupakan yang terbaik di kawasan Asia Asifik.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga ada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," ujar Jokowi.

Pon di Papua berlangsung mulai 2 sampai 15 Oktober. PON Papua akan mempertandingkan 56 cabang olahraga. Sebanyak 6.442 atlet akan berpartisipasi di pesta olahraga paling bergengsi se-Indonesia tersebut.

(ryh/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER