Jokowi Guyon KSAD Andika Jadi Sopir Iriana Saat HUT TNI

CNN Indonesia
Selasa, 05 Okt 2021 10:11 WIB
Presiden Joko Widodo sempat bercanda agar istrinya, Iriana Jokowi, menumpangi kendaraan militer dan disopiri KSAD Jenderal Andika Perkasa. Presiden RI Joko Widodo (kanan) dan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa di Istana Negara, 22 November 2018 silam. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat meminta Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menjadi sopir kendaraan yang akan ditumpangi Ibu Negara Iriana.

Permintaan itu adalah guyonan Jokowi saat meninjau alat utama sistem senjata (alutsista) di tengah peringatan HUT TNI yang berlangsung di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (5/10).

Momen itu terjadi saat Jokowi hendak melihat alutsista terbaru TNI yang diparkir di depan Istana Merdeka. Iriana sempat meminta difoto oleh fotografer di depan kendaraan tempur TNI.


"Mau naik yang mana? Biar yang nyetir Pak Andika," ucap Jokowi ke Iriana sambil tertawa dalam siaran langsung yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Iriana hanya tertawa mendengar ucapan Jokowi. Keduanya pun meninggalkan lokasi setelah melihat-lihat kendaraan itu.

Pada kesempatan itu, Jokowi mengobrol dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto soal kondisi alutsista. Hadi menyampaikan kendaraan-kendaraan tempur yang dipajang di depan Istana adalah hasil pembelian terbaru.

Gladi Bersih HUT ke-76 TNI Di Istana MerdekaSejumlah kendaraan tempur diparkir di luar Istana Kepresidenan dalam rangka HUT TNI. (Dok. Puspen TNI)

Andika Menimbrung

Saat Jokowi dan Panglima TNI berbincang, Andika ikut menimbrung. Andika langsung melaporkan kendaraan tempur milik TNI AD.

"Ini ada yang menonjol, ini AD, kami punya 56 rantis," ucap Andika di sela perbincangan Jokowi dan Hadi.

Jokowi dan Andika sempat mengobrol sebentar soal alutsista TNI AD. Setelah itu, rombongan presiden kembali ke dalam Istana Merdeka.

Jokowi mengendarai boogie car saat peninjauan itu. Tampak Iriana, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Ibu Wury Estu Handayani juga menumpang di mobil mini tersebut.

Dalam rangka peringatan HUT ke-76 TNI, Istana menggelar pameran alutsista. Ratusan kendaraan tempur dan senjata dipajang di Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara pada 3-6 Oktober.

(dhf, dmi/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER