Kebakaran Gardu Kebon Jeruk Ganggu Listrik Ribuan Rumah

CNN Indonesia
Kamis, 07 Oct 2021 13:12 WIB
Lampu lalu lintas juga padam di wilayah Kebon Jeruk dan sekitarnya, sehingga kepolisian turun ke jalan mencegah kemacetan. Kebakaran yang melanda gardu listrik di Kebon Jeruk membuat pasokan listrik di ribuan rumah terganggu (Istockphoto/ OlgaMiltsova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kebakaran yang terjadi di gardu listrik milik PLN di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat menyebabkan gangguan suplai listrik di beberapa wilayah. Ribuan rumah diduga bakal terdampak di Jakarta Barat.

"Listrik ini 60 mega volt ampere yang terbakar, ini tentunya ini menyebabkan gangguan suplai listrik ke wilayah Jakbar," kata Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Slamet Riyadi kepada wartawan, Kamis (7/10).

Slamet tak merinci wilayah mana saja yang terkena dampak pemadaman akibat kebakaran gardu listrik ini. Namun, kata Slamet, setidaknya ada ribuan rumah yang mengalami pemadaman.


"Jadi sekitar 3000an (rumah) ke atas kalau di rumah itu menggunakan 1.300 watt ya," ujarnya.

Selain itu,  kebakaran gardu listrik ini juga berdampak pada padamnya lampu lalu lintas. Anggota kepolisian pun telah diterjunkan untuk mengatur arus lalu lintas guna mencegah kepadatan kendaraan.

Slamet mengatakan PLN dan pihak terkait masih terus melakukan penanganan untuk memulihkan pasokan listrik.

Sementara itu, untuk penyebab pasti kebakaran masih dalam proses penyelidikan. "Penyebabnya masih dalam investigasi," ucap Slamet.

Sebelumnya, kebakaran melanda gardu listrik milik PLN di Jalan Gili Sampeng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dan 70 personel dikerahkan ke lokasi untuk menjinakkan si jago merah.

Perwira Piket Pemadam Kebakaran Jakarta Barat Sukiman mengatakan dugaan sementara kebakaran disebabkan oleh arus pendek.

"(Penyebab) sementara dari arus pendek gardu listrik," ujarnya.

(dis/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER