Cara Ampuh Usir Nyamuk Malaria di Papua Saat Gelaran PON

Advertorial | CNN Indonesia
Kamis, 07 Oct 2021 00:00 WIB
Anda bisa menggunakan obat nyamuk oles dan kelambu tidur sebagai upaya pencegahan jika Anda tinggal di wilayah endemik. Foto: Enesis
Jakarta, CNN Indonesia --

Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua sedang berlangsung sejak 2-15 Oktober 2021. Namun, hal ini dikhawatirkan akan terganggu penyakit malaria.

Pasalnya, Papua masih berstatus sebagai daerah endemik malaria. Penyakit ini disebabkan oleh gigitan 'nyamuk dugem' Anopheles betina yang membawa Plasmodium.

Nyamuk Anopheles ini disebut nyamuk yang suka dugem karena baru keluar di jam malam atau saat matahari mulai terbenam pada pukul 18.00 sampai pagi untuk mencari mangsa.


Selain mulai muncul di malam hari, nyamuk ini biasanya sering hinggap di dinding, dekat tanah, atau saluran air kotor. Ini berbeda dengan nyamuk dengue yang lebih suka genangan air bersih.

Diketahui, menurut Kementerian Kesehatan ada empat kabupaten atau kota di Papua yang semuanya endemi malaria yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Timika. Semuanya masuk kategori merah.

Selain itu, ada tiga jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles atau kerap disebut 'nyamuk dugem' ini. Selain malaria, nyamuk ini bisa menyebabkan filariasis (kaki gajah) dan Aedes aegypti penyebab dengue.

Penyakit tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Anopheles yang terinfeksi parasit Plasmodium falciparum, P. vivax, P. ovale, dan P. malariae. Hanya nyamuk Anopheles infektif yang dapat menularkan malaria.

Menurut Centers for Disease Control dan Prevention (CDC), nyamuk yang infektif memiliki air liur yang mengandung parasit malaria mikroskopis. Nyamuk yang terinfeksi parasit ini bisa menularkan malaria lewat gigitan pada manusia, air liur nyamuk yang mengandung parasit ini akan masuk melalui darah dan menginfeksi.

Malaria juga dapat ditularkan melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi, transplantasi organ, atau penggunaan jarum suntik bersama yang sudah terkontaminasi. Selain itu, malaria juga dapat ditularkan dari ibu kepada bayi dalam kandungan atau saat persalinan.


Apakah Malaria dari Gigitan Nyamuk Dugem Bisa Dicegah?

Meski malaria merupakan penyakit endemik, ternyata ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Pastikan lingkungan Anda bebas nyamuk. Anda bisa mulai dengan membersihkan sarang nyamuk dan memastikan tak ada genangan air agar nyamuk tak kembali bersarang di sekitar tempat tinggal.

Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk oles dan kelambu tidur sebagai upaya pencegahan jika Anda tinggal di wilayah endemik.

Selain itu, untuk diketahui, Soffell merupakan official partner penolak nyamuk di PON XX Papua. Soffell memiliki berbagai produk yang bisa digunakan untuk menghindari dan mencegah gigitan nyamuk. Soffell sangat antusias dalam penyelenggaraan PON XX Papua dan peduli terhadap perlindungan kesehatan para atlet yang bertanding.

"Kami antusias sekali karena ini menjadi salah satu ajang lahirnya atlet atlet besar nantinya, tetapi kita harus jaga mereka terhindar dari bahaya penyakit gigitan nyamuk maka Soffell menjadi partner siaga penolak nyamuk untuk para atlet," ujar Head of Marketing Enesis Group Ita Karo Karo.

Adapun produk tersebut di antaranya Soffell Reguler Lotion, produk penolak nyamuk berbentuk lotion yang dapat memberi proteksi di kulit. Produk lotion ini memiliki konsentrasi zat aktif DEET 13% yang efektif tolak nyamuk sehingga bisa menghindari gigitan perih nyamuk.

Bahan aktifnya yang aman tidak akan membuat kulit panas, justru malah memberi sensasi sejuk di kulit. Lotion ini juga mengandung Emollient/Moisturizer yang bisa melembapkan dan melembutkan kulit Anda.

Selain itu ada Soffel Alamia, produk penolak nyamuk berbentuk spray ini bisa diaplikasikan dengan cara menyemprotkannya secara merata pada area tubuh yang ingin terhindar dari nyamuk.

Soffell Alamia mengandung formula ekstrak daun Cymbopoghon yang cocok untuk kulit lembut juga cocok digunakan untuk anak-anak. Komposisinya yang alami bisa bikin kulit sensitif Anda tetap aman dari iritasi.

adv enesisFoto: Enesis

Terakhir sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan ForceMagic 2in1 merupakan produk aerosol 2in1 yang bisa basmi dan tolak nyamuk sekaligus dengan ampuh. Produk pengusir nyamuk yang dapat memberi proteksi di ruangan ini dikembangkan dari konsep bunga chrysanthemum sehingga aman digunakan di rumah untuk melindungi keluarga dari gangguan nyamuk.

Dapatkan produk Soffell Alamia dan Force Magic di Minimarket, dan Hypermarket terdekat, juga di Enesis Official Store di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya.

(adv/adv)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER