Anies: DKI Jakarta 0 Kematian Covid-19 Kemarin

CNN Indonesia
Jumat, 08 Oct 2021 07:30 WIB
Data Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI Jakarta kemarin tak ada permintaan pemakaman dengan protap Covid-19 kemarin. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersyukur tak ada pasien meninggal akibat Covid-19 pada 7 Oktober (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tak ada pasien meninggal akibat virus corona (Covid-19) pada Kamis kemarin (7/10). Dia merujuk pada data milik Dinas Pertamanan dan Kehutanan per pukul 18.00 WIB.

"Dalam 24 jam terakhir terdapat 0 permintaan pelayanan pemakaman protap COVID-19 di DKI Jakarta (data Distamhut DKI sejak jam 18.00 kemarin sampai 18.00 hari ini). Alhamdulillah!" kata Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Kamis (7/10) malam.

"Ini adalah pengingat bahwa, atas ijin Allah SWT dan atas ikhtiar kita semua, sebuah hari tanpa kematian Covid-19 adalah mungkin untuk dicapai," sambungnya.


Anies menjelaskan bahwa dirinya tidak merayakan kabar tersebut. Sebatas mensyukuri dan meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan lantaran pandemi Covid-19 belum benar-benar usai.

Dia meminta masyarakat juga selalu memakai masker terutama ketika beraktivitas di tempat umum. Tentu guna menghindari penularan virus corona.

"Kita pernah mengalami kondisi yg berat, bahkan sangat berat di bulan Juli lalu. Jangan sampai kita kembali ke titik itu," kata Anies

Anies pun mengingatkan warga untuk vaksin. Bagi masyarakat yang sudah vaksinasi, bukan berarti boleh mengabaikan protokol kesehatan. Semuanya masih perlu dipatuhi agar tidak terjadi penularan.

"Walau sudah divaksin, tetap jaga protokol kesehatan ketat di manapun. Di kantor, di sekolah, di tempat publik, di lingkungan sekitar rumah, dll," ujar Anies.

Sebelumnya, Anies juga melapor kepada Presiden Jokowi bahwa pandemi virus corona di ibu kota sudah terkendali. Dia melaporkan itu saat menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Kamis (7/10).

Update aja atas pandemi Jakarta. Alhamdulillah kondisinya sudah terkendali," kata Anies usai pertemuan, dikutip dari rekaman video yang diterima, Kamis (7/10).

Sementara itu berdasarkan data satgas Covid-19 kemarin, ada satu kasus kematian di DKI Jakarta. Data satga ini merupakan catatan dari Rabu (6/10) pukul 10.00 hingga Kamis (7/10) pukul 10.00. 

Wilayah ibu kota selama ini jadi wilayah yang paling banyak melakukan vaksinasi covid-19. Tercatat angka vaksinasi dosis 1 sudah melebih target yakni 128 persen dari target. Sementara dosis 2 sudah mencapai 96 persen dari sasaran vaksinasi.

(yoa/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER