Akun IG Pemkot Solo Diduga Diretas, Gibran Lapor ke Facebook

CNN Indonesia
Sabtu, 09 Oct 2021 12:25 WIB
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com pada pukul 11.00 WIB, akun Instagram Pemkot Solo sudah kembali pulih. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (CNN Indonesia/Rosyid)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku pihaknya membuat laporan ke Facebook setelah akun Instagram resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas oleh orang tak dikenal.

Setelah melapor, Gibran mengaku menyerahkan urusan tersebut kepada pihak Facebook.

"Sudah dilaporkan ke Facebook, tidak tahu juga (indikasi peretasan), biar diurus FB (Facebook)," kata Gibran kepada wartawan saat mendampingi Menperekraf, Sandiaga Uno di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (9/10) sebagaimana dikutip dari detik.com.


"Ini baru pertama kali terjadi, belum kembali normal. Emailnya diubah ternyata," ujar Gibran.

Menurut Gibran, di bawah kendali hacker, akun Instagram Pemkot Solo mengunggah konten secara acak seperti kode game online dan foto tokoh gulat. Meski demikian, Gibran meminta agar piblik tetap tenang karena masalah itu sudah dilaporkan ke pihak Facebook.

"Foto-fotonya random, ada The Rock, iya ada (kode game). Wes tekne sik waelah (sudah biarkan saja) yang penting sudah saya laporkan tenang saja," ujar Gibran.

Selama akun Pemkot Solo berada di bawah kendali hacker, Gibran meminta masyarakat Solo mengunjungi akun pribadinya jika mereka ingin mencari informasi agenda Pemkot.

Menurut Gibran, peretasan ini tak menjadi soal dan menjadi pelajaran bagi pihaknya untuk berhati-hati.

"Kalau ingin melihat agenda Pemkot lihat akun saya, tidak apa-apalah untuk pelajaran kita juga agar lebih berhati-hati," tuturnya.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, pada pukul 11.00 WIB akun Instagram Pemkot Solo sudah kembali pulih.

Konten yang terpampang pada akun itu sudah kembali rapi. Tidak lagi tampak konten seperti video lucu, foto sosok pegulat The Rock, hingga iklan penyedia internet Indihome. Sebelumnya, Pemkot Solo mengumumkan akun resmi Instagram mereka, @pemkot_solo diretas oleh orang yang tidak dikenal.

Peretasan terjadi sejak hari Jumat (8/10) pukul 16.29 WIB. Pelaku mengganti email pada akun Instagram Pemkot Solo. Hal ini membuat akun itu tidak bisa diakses admin Pemkot Solo.

"Pukul 16.29 akun Instagram pemkot_solo terkena hack dan diganti emailnya oleh seseorang sehingga admin resmi sejak saat itu tidak dapat login," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkot Solo, Wahyu Kristina dalam keterangan tertulisnya.

(iam/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER