Sandiaga: Budaya Modal Kebangkitan Parekraf Surakarta

Kemenparekraf | CNN Indonesia
Minggu, 10 Oct 2021 10:30 WIB
Nilai sejarah dan budaya yang dimiliki Kota Surakarta dinilai Sandiaga Uno dapat menjadi modal mengembangkan gerakan kewirausahaan, khususnya sektor parekraf. Nilai sejarah dan budaya yang dimiliki Kota Surakarta dinilai Sandiaga Uno dapat menjadi modal mengembangkan gerakan kewirausahaan, khususnya sektor parekraf. (Foto: Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nilai sejarah dan budaya yang dimiliki Kota Surakarta dinilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dapat menjadi modal mengembangkan gerakan kewirausahaan, khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), guna membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Dalam hal ini, Sandiaga menyebut dirinya memiliki visi yang sama dengan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

"Saya dan Mas Wali Kota ini satu visi untuk berdayakan industri parekraf di Kota Surakarta. Kota ini adalah kota yang kaya dengan sejarah, budaya, dan kreativitas," kata Sandiaga dalam peluncuran #KitaPeduli di Paguyuban Ki Warseno Slenk, Surakarta pada Sabtu (9/10).


Dia menilai, pelaku parekraf perlu mengadakan peningkatan keterampilan, antara lain seperti yang disediakan Rumah Siap Kerja (RSK).

"Saya melihat sudah mulai ada usaha yang mengedepankan budaya Jawa di Kota Surakarta, dan ini bisa dikembangkan lagi dengan lahirnya wirausaha baru yang dapat mengoptimalkan aset-aset budaya setempat, serta tenaga kerja yang berkualitas tinggi," jelasnya.

Senada, Gibran menyatakan bahwa memperluas lapangan kerja sekaligus mencetak wirausaha baru pada sektor parekraf menjadi salah satu prioritas. Dia menyebut akan menggenjot kegiatan upskilling dan reskilling bagi pelaku UMKM di Surakarta.

Selain itu, lewat kreativitas dan budaya kearifan lokal, Gibran yakin bahwa sektor parekraf dapat kembali bangkit.

"Budaya kita adalah kekayaan kita, dan penduduk Kota Surakarta adalah sumber dari kreatifitas yang dapat membangkitkan kekuatan parekraf kita. Itulah mengapa dalam agenda kami Pemkot Surakarta, kita harus menguatkan UKM parekraf, sebab percayalah, kalau seni itu jalan, roda-roda ekonomi di Kota Surakarta juga akan berjalan," ujar Gibran.

Lebih lanjut, Sandiaga kemudian mendorong seluruh pihak untuk turut terlibat dalam #KitaPeduli, gerakan sosial yang diselenggarakan bersama Rumah Siap Kerja (RSK) yang bertujuan memenuhi kebutuhan pokok dan kesehatan bagi pelaku parekraf.

Direktur Utama RSK, Roestiandi Tsamanov menyatakan, masyarakat dapat berdonasi melalui laman kitapeduli.rumahsiapkerja.com. Hasil donasi akan disalurkan kepada 50 ribu pelaku parekraf di 34 provinsi.

"Agar sebanyak-banyaknya anggota masyarakat dapat berpartisipasi dalam #KitaPeduli secara mudah, kami menyediakan laman kitapeduli.rumahsiapkerja.com, di mana siapapun dapat berdonasi langsung, dan para pelaku UKM parekraf juga dapat mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan," kata Tsamanov.

(rea/rea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER