Prabowo Maju Pilpres 2024, PAN Buka Komunikasi untuk Koalisi

CNN Indonesia | Senin, 11/10/2021 14:00 WIB
PAN mengapresiasi Gerindra yang berniat mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2024. Namun PAN menginginkan Zulhas maju pilpres. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menanggapi rencana Gerindra mengusung Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Amanat Nasional (PAN) mengapresiasi langkah Partai Gerindra yang berniat kembali mengusung ketua umumnya, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Sebagai partai yang turut mengusung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019, PAN mengaku belum memutuskan sikapnya terkait Pemilu 2024. Kendati begitu Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan pihaknya siap membuka komunikasi dengan partai lain.

"PAN saat ini masih membuka diri untuk berkomunikasi dengan partai politik maupun bakal capres/cawapres. Karena PAN tidak dapat sendirian mengusung paslon. Jadi harus berkoalisi dengan partai politik lainnya untuk memenuhi syarat presidential threshold 20 persen," ujar Viva Yoga saat dihubungi, Senin (11/10).


Di sisi lain, menurut Viva, PAN masih ingin memperjuangkan ketua umum mereka, Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk maju pada Pemilu 2024. Menurutnya, Zulhas merupakan salah satu tokoh yang layak diperhitungkan dalam pilpres mendatang.

"PAN menginginkan dan memperjuangkan agar Ketua Umum PAN, Bang Zulkifli Hasan dapat maju di Pemilu Presiden 2024," ujar Viva.

"Alasannya, karena Bang Zul memiliki visi kebangsaan yang jelas, kapasitas dan kompetensi sebagai seorang leader, berpengalaman mengelola organisasi pemerintahan, memiliki integritas pribadi yang kuat, ramah, dan berdarah NKRI," tuturnya menambahkan.

Ia menekankan, sikap PAN sejauh ini sesuai dengan hasil Rakernas II PAN pada tanggal 31 Agustus 2021, kebijakan pilpres kewenangan penuh diserahkan ke Zulhas selaku ketua umum untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam proses pencalonan capres cawapres.

Namun begitu, menurut dia, saat ini, PAN sedang fokus untuk menata organisasi partai secara modern dengan mengembangkan budaya digital, membantu pemerintah dalam percepatan program pemulihan ekonomi nasional.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan Prabowo Subianto kemungkinan akan kembali maju dalam pertarungan pemilihan presiden 2024. 

Muzani mengatakan alasan Ketua Umum Partai Gerindra itu maju dalam kontestasi Pilpres 2024, salah satunya adalah permintaan masyarakat yang masif.

"Saya katakan, 2024 Pak Prabowo Insya Allah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua, besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (10/10).

(dmi/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK