Ramai Relawan Deklarasi Dukung Capres 2024 Saat Pandemi

CNN Indonesia | Selasa, 12/10/2021 10:57 WIB
Meski pandemi Covid-19 belum usai, sejumlah relawan sudah melihat kontestasi Pilpres 2024 dengan menggalang dukungan untuk tokoh tertentu. Meski pandemi Covid-19 belum usai, sejumlah relawan sudah melihat kontestasi Pilpres 2024 dengan menggalang dukungan untuk tokoh tertentu. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kelompok relawan dengan berbagai nama mendeklarasikan dukungan kepada sejumlah tokoh potensial menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024 mendatang.

Terbaru, sekelompok orang yang mengatasnamakan diri Relawan Sahabat Luhut Binsar Pandjaitan mendeklarasikan dukungan untuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan maju sebagai capres di Pilpres 2024. Deklarasi itu digaungkan pada Minggu (10/10).

Selanjutnya, kelompok yang mengatasnamakan diri Gema Puan juga telah mendeklarasikan dukungan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani maju sebagai capres di Pilpres 2024.


Deklarasi mendukung Puan itu dilakukan oleh Gema Puan di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Minggu (10/10).

Jauh sebelum deklarasi kelompok relawan yang mendukung Luhut dan Puan ini, sejumlah kelompok relawan lain juga telah mendeklarasikan diri untuk mendukung sejumlah calon potensial capres lainnya.

Salah satunya, Sahabat Ganjar yang mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo maju sebagai capres di Pilpres 2024. Bahkan, kelompok relawan ini mengklaim telah telah mendeklarasikan diri di 17 negara. Sahabat Ganjar mulai dideklarasikan pada Juni 2021 lalu.

Selain itu, terdapat juga Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024 yang juga mulai mendeklarasikan diri pada Juni 2021 silam.

Kelompok relawan ini mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi presiden tiga periode berduet dengan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Kemudian, ada juga kelompok relawan yang mendukung Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto maju sebagai capres 2024. Kelompok relawan itu bernama Relawan Barisan Airlangga Hartarto (BARA) dan telah mendeklarasikan dukungan pada 31 Juli 2021.

Luhut Binsar Panjaitan mengaku kembali diminta menjadi menteri oleh Presiden Joko Widodo, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (22/10). Luhut Binsar Panjaitan termasuk tokoh yang didukung oleh relawan untuk menjadi capres. Relawan Luhut menamakan dirinya sebagai Sahabat LBP (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Setelah itu, terdapat juga kelompok relawan yang menginginkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno maju sebagai capres di Pilpres 2024, dengan nama Relawan Kawan Sandi (RKS).

RKS telah dideklarasikan di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan pada 16 September 2021.

Sejauh ini, kelompok relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) terlihat belum mendeklarasikan diri.

Padahal, dua kepala daerah tersebut merupakan sosok yang kerap memuncaki posisi tiga besar hasil survei elektabilitas capres 2024 di sejumlah lembaga survei.

Meski begitu, geliat-geliat relawan dua kepala daerah mulai terlihat gaungnya di dunia maya. Anies contohnya, memiliki kelompok relawan di media sosial Instagram dan Twitter dengan nama akun @relawananies. Akun tersebut memiliki followers 82,3 ribu di Instagram sebanyak 6.368 di Twitter.

Sementara itu, RK terlihat memiliki pendukung di Instagram dengan nama akun @balademil. Dalam ulasan bio @balademil, disebutkan sejumlah tagline mulai dari RKIndonesiaJuara, Menuju 2024 Indonesia Juara, Indonesia Lahir Batin, hingga Mendukung penuh RK untuk maju di capres 2024.

Akun tersebut memiliki 8.149 followers dan diikuti langsung oleh RK dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

(mts/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK