Polisi Banting Mahasiswa, #PolriTegasHumanis Dipertanyakan

CNN Indonesia | Rabu, 13/10/2021 17:11 WIB
LBH Jakarta meminta polisi membuktikan klaim #PolriTegasHumanis, menyusul oknum aparat kepolisian yang membanting seorang mahasiswa di Tangerang sampai pingsan. LBH Jakarta meminta polisi membuktikan klaim #PolriTegasHumanis, menyusul oknum aparat kepolisian yang membanting seorang mahasiswa di Tangerang sampai pingsan. Foto: CNN Indonesia/Eko
Jakarta, CNN Indonesia --

Pengacara Publik Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Teo Reffelsen meminta polisi untuk membuktikan klaim #PolriTegasHumanis, menyusul oknum aparat kepolisian yang membanting ala smackdown salah satu mahasiswa di Tangerang sampai pingsan.

Teo juga mendesak polisi untuk menindak perbuatan oknum polisi yang melakukan kekerasan.

"Kepolisian harus bertanggung jawab menyelamatkan korban dan segera menindak dan menghukum polisi pelaku. Klaim #PolriTegasHumanis harus dibuktikan, jangan hanya jadi apologi untuk membantah kritik publik atas kinerja polisi," kata Teo secara tertulis, Rabu (13/10).


Teo mengatakan, tindakan polisi membanting mahasiswa saat aksi HUT Tangerang hingga kejang adalah tindakan brutal. Menurutnya, tindakan itu juga mengancam nyawa warga yang menyampaikan pendapat secara damai.

Teo juga menilai tindakan itu bertentangan dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Pengendalian Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan Pelayanan, Pengamanan, dan Penanganan Perkara Penyampaian Pendapat di Muka Umum dan beberapa peraturan lainnya.

"[Bertentangan dengan] Perkap No 8 Tahun 2009 Tentang Implementasi Prinsip HAM POLRI dan Jaminan Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945," ujarnya.

Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro mengatakan bakal menindak tegas anggotanya yang melakukan bantingan ala smackdown terhadap mahasiswa tersebut.

Wahyu menuturkan bahwa dalam apel pasukan pengamanan, pihaknya telah memberikan instruksi agar tak ada kekerasan dalam pengamanan demo.

"Dalam apel pengamanan pasukan sudah jelas dan tegas tidak ada kekerasan, kalau masih ada berarti oknum anggota tersebut akan saya tindak tegas," kata Wahyu kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/10).

Mahasiswa dibanting polisi saat unjuk rasa di depan Kantor Bupati Tangerang di Tigaraksa, Rabu (13/10). Dia langsung jatuh pingsan setelah mendapatkan bantingan ala smackdown dari aparat kepolisian yang melakukan pengamanan aksi tersebut.

"Ya salah satu mahasiswa itu pingsan setelah mendapatkan bantingan dari polisi," ujar Ahmad salah seorang saksi yang berada di lokasi kejadian.

Kepolisian belakangan tengah mendapat sorotan karena tagar #PercumaLaporPolisi dan sikap polisi yang dianggap baru mau bertindak setelah viral. Tak lama setelah tagar tersebut ramai, tagar #PolriTegasHumanis mendadak bermunculan di media sosial.

(yla/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK