DPP PDIP Akan Tertibkan Barisan 'Celeng': Harus Tahu Diri

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 05:49 WIB
DPP PDIP disebut akan melakukan penertiban terkait 'barisan celeng' yang mendukung pencapresan Ganjar Pranowo. Politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengaku akan ada penertiban terkait isu celeng. (Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Politikus PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengungkapkan pihaknya akan melakukan penertiban terkait 'barisan celeng' dan meminta para kader untuk tahu diri.

Pernyataan ini sekaligus menanggapi Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo yang mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024 yang kemudian dijuliki sebagai 'celeng'.

"Siapa yang merasa dirinya bagian dari struktur tentu harus tahu diri, tahu posisi," ujar Hendrawan saat dihubungi, Rabu (13/10).


"Akan ditertibkan sesuai surat edaran DPP. DPP punya organ yang bertugas untuk itu, dan bekerja dalam terang kehormatan dan kearifan partai," lanjutnya, tanpa merinci bentuk penertiban itu.

Menurut Hendrawan, kemunculan berbagai relawan yang mendeklarasikan dukungan terhadap calon-calon tertentu bukan masalah.

"Relawan tak ada masalah, namanya saja relawan. Kalau yang struktur dan bawa atribut partai itu tidak boleh, karena harus dalam 'satu rampak barisan'. Harus tunggu keputusan partai," ujarnya.

Pihaknya pun menepis anggapan bahwa ada kenaikan tensi di internal partai terkait isu celeng ini. "Yang bilang panas siapa? Yang bilang dingin siapa? Biasa-biasa saja. Yang ramai media. Industri politik membuat yang biasa diubah menjadi ketegangan, kontroversi, bahkan konfrontasi," dalih Hendrawan.

Sebelumnya, Albertus Sumbogo dan sejumlah kader mendeklarasikan DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo pada 25 September 2021.

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyebut oknum kader PDIP yang mendeklarasikan capres mendahului arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini telah keluar dari barisan dan menjuluki mereka dengan sebutan 'celeng'.

Terpisah, Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono memastikan kader di Jabar tetap solid meski muncul 'barisan celeng berjuang'.

"Saya berharap kader PDIP Jabar benar-benar menjalankan hasil Kongres V PDIP dan instruksi dari DPP Partai bahwa terkait capres dan cawapres adalah kewenangan ibu ketua umum," kata Ono, Rabu (13/10).

"Selalu diinstruksikan agar kader mematuhi instruksi DPP," ucapnya.

Terkait dukungan barisan celeng ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo sendiri mengaku tetap sebagai "Banteng".

(dmi/hyg/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK