Ma'ruf Amin Gelar Kunjungan Perdana ke Papua sebagai Wapres

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 09:16 WIB
Ma'ruf Amin pada hari ini melakukan kunjungan ke Papua dan Papua Barat untuk pertama kalinya sebagai Wakil Presiden. Dia akan menutup PON XX Papua esok. Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berangkat menuju Manokwari Papua Barat dan Jayapura Papua untuk melakukan rangkaian kunjungan kerja pada Kamis (14/10) hingga Jumat (15/10) esok. Kunjungan kerja Ma'ruf Amin ke Bumi Cendrawasih ini merupakan pertama kalinya sejak terpilih sebagai Wapres 2019 lalu.

Salah satu rencana kegiatan Ma'ruf di Papua adalah menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang digelar pada Jumat (15/10) esok.

Mengawali kunjungan kerjanya, Ma'ruf akan menuju Gedung PKK, Kompleks Kantor Gubernur Papua Barat di Manokwari pada Kamis (14/10) pagi ini. Ma'ruf akan memimpin Rapat Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, serta Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di 5 Kabupaten Sasaran Prioritas.


Usai memimpin Rapat, Wapres akan mengunjungi Pasar Sowi 4 Manokwari untuk menyapa pedagang tradisional dan masyarakat setempat. Ia akan didampingi Gubernur Papua Barat.

Keesokan harinya atau Jumat (15/10), Wapres dijadwalkan berkunjung ke Kantor MUI Provinsi Papua Barat dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Paulus Sowi. Di dua tempat itu ia dijadwalkan untuk melakukan dialog dengan sejumlah Ormas Keagamaan dan para tokoh agama Papua Barat.

Pada siang hari, Wapres beserta rombongan bertolak ke Jayapura, Provinsi Papua. Ia dijadwalkan memimpin Rakor Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem dan juga menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021.

Beberapa pejabat turut mendampingi Wapres pada kegiatan kali ini. Mereka di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Wetipo, serta Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong.

Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi sempat mengatakan bahwa Ma'ruf sudah merencanakan untuk melakukan kunjungan ke Papua sejak awal menjabat sebagai Wapres. Namun, rencana itu kerap tertunda dengan berbagai alasan.

"Wapres memang sudah beberapa kali ingin dan berencana mendatangi dan berkunjung ke Papua. Tapi karena berbagai kesibukan terakhir juga karena kondisi Covid-19 semuanya menjadi, rencana itu tertunda," kata Masduki dalam sebuah video, Senin (20/9) lalu.

(rzr/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK