UPDATE CORONA 15 OKTOBER

Rangkuman Covid: Antrean Subway hingga Penipuan Foto Bugil

CNN Indonesia
Jumat, 15 Oct 2021 18:11 WIB
Rangkuman covid-19 hari ini berkaitan dengan kerumunan gerai subway di Cilandak Town Square hingga belasan wanita di Padang tertipu demi bantuan covid. Subway resmi membuka gerai pertamanya di Indonesia bertempat di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta Selatan. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus covid-19 mulai menunjukkan tren penurunan. Meski tren kasus menurun, penambahan kasus positif dan kasus kematian setiap harinya masih terus dilaporkan.

Indonesia juga tak lepas dari risiko potensi gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi bakal terjadi akhir tahun ini. Sebagai antisipasi, Kemenkes mengaku sedang berupaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk melindungi warga. Teranyar, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan ke kelompok masyarakat adat di Badui dalam dan luar.

CNNIndonesia.com  merangkum informasi seputar Covid-19 dalam 24 jam terakhir sebagai berikut:


915 Kasus positif, 41 Meninggal

Satgas Covid-19 melaporkan penambahan kasus positif per Jumat (15/10) sebanyak 915, jumlah kasus positif nasional menjadi 4.233.014 kasus.

Penambahan kasus sembuh sebanyak 1.408, akumulasi kasus sembuh menjadi 4.070.807 kasus. Selain itu, Satgas juga mencatat penambahan kasus meninggal dunia sebanyak 41 kasus sehingga total kasus meninggal menjadi 142.889 kasus. Satgas juga mencatat masih ada kasus aktif sebanyak 19.318 orang.

Kerumunan Subway

Kemenkes meminta Satgas Covid-19 DKI melakukan pemantauan atas kerumunan dalam antrean Subway di Cilandak Town Square (Citos) Jakarta Selatan. Antrean warga membludak di gerai Subway pada hari pertama pembukaan waralaba asal Amerika Serikat tersebut.

Booster Vaksin Merah Putih

Kemenkes disebut bakal menggunakan Vaksin Merah Putih hasil pengembangan tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menjadi jadi booster Covid-19 pada 2022 mendatang. Rektor Unair, Mohammad Nasih menyebut rencana vaksin Merah Putih sebagai booster telah disampaikan Kemenkes kepadanya.

"Kemenkes sudah memberikan komitmen untuk bisa menggunakan ini [vaksin Merah Putih] nantinya untuk proses vaksinasi atau mungkin booster," kata Nasih kepada wartawan, Jumat (15/10).

104 Juta Vaksin Dosis Pertama

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengungkapkan lebih dari separuh sasaran vaksinasi RI atau lebih dari 104 juta orang telah mendapatkan dosis pertama vaksin Covid-19, per Kamis (14/10).
Sementara yang telah menerima dosis lengkap mencapai 60,4 juta orang.

"Pemerintah mengapresiasi semua pihak yang telah bekerja keras agar program vaksinasi dapat berjalan lancar dan sesuai harapan," ujar Johnny.

Rachel Vennya

Anggota TNI berinisial FS diduga membantu selebgram Rachel Venya keluar dari RSDC Wisma Atlet telah dinonaktifkan.

Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengatakan, FS saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh staf intel. Pihaknya bakal menggali alasan motif FS nekat membantu Rachel kabur dari karantina.

"Sudah dinonaktifkan," kata Herwin.

200 Warga Badui Dalam dan Luar Divaksin Covid-19

Kemenkes melakukan vaksinasi Covid-19 ke 200 warga Badui luar dan dalam. Kemenkes menargetkan angka vaksinasi khusus masyarakat adat itu bakal terpenuhi dalam waktu dekat.

"Mereka masyarakat adat memiliki hak yang sama untuk divaksinasi, tanpa merusak kain sosial mereka," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Jumat (15/10).

Budi menyampaikan, pihaknya menyiapkan vaksinasi untuk warga Ciboleger, Kabupaten Lebak, Banten, sebanyak 1.000 orang. Sejumlah 200 di antaranya khusus untuk warga Badui luar dan dalam.

Penipuan Bantuan Covid-19 di Padang

Belasan perempuan di Padangsidimpuan, Sumatera Utara menjadi korban penipuan bantuan dana Covid-19 senilai Rp5 juta setelah mengirimi foto bugil.

Korban mengaku mendapatkan pesan untuk mencairkan bantuan Covid-19 setelah mengirimkan beberapa syarat, salah satunya foto tanpa busana. Korban juga diminta mengirimkan uang Rp3,5 juta untuk mencairkan bantuan.

Satgas PON Salurkan 7 Ribu Masker ke Jayapura

BNPB yang tergabung dalam Satgas PON XX membagikan sebanyak tujuh ribu masker di sejumlah sekolah dan tempat ibadah di Papua.

Supervisor Prokes Kota Jayapura, Rus Nurhadi mengatakan kegiatan tersebut sekaligus merupakan kontribusi BNPB dalam penyelenggaraan PON XX, khususnya terkait penegakan disiplin protokol kesehatan.

(mln/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER