PPKM Berakhir Senin Besok, Kasus Positif Masih Naik Ratusan

CNN Indonesia
Minggu, 17 Oct 2021 17:42 WIB
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,3, dan 2 habis masa berlakunya pada Senin mendatang (18/10). Ilustrasi razia tempat umum selama penerapan PPKM (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,3, dan 2 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali yang dimulai 5 Oktober lalu akan berakhir besok, Senin (18/10).

Melihat dari tren sebelumnya, pemerintah bakal memperpanjang pemberlakuan PPKM. Menko Marves Luhut Pandjaitan juga pernah mengatakan bahwa PPKM akan terus diterapkan selama virus corona menjadi pandemi.

Hingga hari ini, masih ada tambahan kasus positif Covid-19 yakni 747 kasus baru. Kasus sembuh bertambah sebanyak 1.086 kasus. Satgas juga melaporkan penambahan kematian sebanyak 19 kasus.


Total kasus positif virus corona di Indonesia hingga Minggu (17/10) adalah 4.234.758 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.073.418 di antaranya telah sembuh dan 142.952 meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona.

Dalam dua pekan terakhir, rata-rata terjadi penambahan kasus positif sebanyak 1.100an kasus

Belakangan ini pertambahan kasus Covid-19 mulai mengalami tren penurunan. Terhitung sejak 29 September sampat saat ini, pertambahan kasus positif tak pernah di atas 2.000 per hari.


Jumlah kematian di berbagai wilayah pun berkurang, bahkan ada yang tidak ditemukan pertambahan kasus kematian terkait Covid-19.

Kasus aktif Covid-19 cenderung turun, namun ancaman gelombang tiga Covid-19 di Indonesia diprediksi terjadi pada akhir 2021 buntut momen libur Natal dan Tahun baru.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 telah mewanti-wanti pada akhir tahun terjadi pergantian musim yang dapat menyebabkan imunitas masyarakat turun sehingga mudah tertular penyakit.

Kemenkes mengantisipasi gelombang tiga dengan upaya meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19 untuk melindungi warga. Terbaru, vaksinasi Covid-19 juga dilakukan ke kelompok masyarakat adat di Badui dalam dan luar.

Presiden Joko Widodo mengatakan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia terus membaik. Akan tetapi, ia tak ingin masyarakat terbuai dengan tingkat penularan virus corona yang semakin rendah.

(fby/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER