Terkepung Eceng Gondok Danau Jatiluhur, Wisatawan Dievakuasi

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 16:11 WIB
Sebanyak 22 wisatawan terjebak lebih dari dua jam pada malam hari di tengah Danau Jatiluhur karena terkepung eceng gondok. Para wisawatan yang berhasil dievakuasi dari kepungan eceng gondok di Danau Jatiluhur, Purwakarta, Minggu (17/10). (Foto: Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kab. Purwakarta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Purwakarta berhasil mengevakuasi satu perahu berisi 22 wisatawan yang terjebak tanaman air eceng gondok di Danau Jatiluhur, Jawa Barat, Minggu (17/10).

Perahu wisata itu terjebak di tengah kerubungan eceng gondok yang menghambat gerak perahu. Eceng gondok bergerak tertiup angin hingga menutupi perahu.

"Jadi kita mendapat laporan kurang lebih pukul 19.51 WIB bahwa perahu wisata terjebak eceng gondok pada arah pulang di sekitar wilayah pasir Jangkung danau Jatiluhur," papar Staff Komunikasi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Iqbal Chaniago.


Berdasar pemaparan saksi, eceng gondok tiba-tiba terbawa angin menutup jalur perahu wisata hingga menyebabkan perahu tidak bisa berjalan.

Iqbal melanjutkan tim evakuasi berhasil menyelesaikan proses evakuasi pukul 23.45 menggunakan teknik derek atau pembukaan jalur eceng gondok.

Sebanyak 22 wisatawan tersebut berasal dari DKI Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bogor. Rentang usia wisatawan mulai 7 tahun hingga 50 tahun. Seluruh wisatawan dapat dievakuasi tanpa luka-luka.

Setelah dievakuasi, wisatawan dibawa ke kantor Sub Unit Pelayanan Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Jatiluhur di Kabupaten Purwakarta.

(cfd/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER