UPDATE CORONA 18 OKTOBER 2021

Rangkuman Covid: PPKM Diperpanjang, Selebgram Diusut Pidana

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 18:48 WIB
CNNIndonesia.com merangkum perkembangan pandemi virus corona dalam 24 jam terakhir di Indonesia, mulai dari perpanjangan PPKM hingga relaksasi anak. Pemerintah kembali memperpanjang PPKM guna menanggulangi pandemi virus corona (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jumlah penambahan kasus virus corona (Covid-19) harian di Indonesia sudah tidak sebanyak pada Juli-Agustus lalu. Dari hari ke hari, kasus baru cenderung lebih sedikit dibanding sebelumnya.

Meski demikian, pemerintah belum mau menghentikan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berikut perkembangan informasi mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir yang dirangkum CNNIndonesia.com


PPKM Diperpanjang

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM berlevel di sejumlah daerah guna menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19).

Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan mengatakan wilayah aglomerasi Jabodetabek, Bandung Raya, Malang Raya, dan Surabaya Raya masih bertahan di level 3.

Koordinator PPKM luar Jawa-Bali, Airlangga Hartarto mengatakan tak ada provinsi yang menerapkan level 4. PPKM bakal berlaku tiga pekan hingga 8 November mendatang.

Pelonggaran PPKM untuk Anak

Anak-anak di bawah usia 12 tahun kini boleh dibawa ke tempat permainan selama penerapan PPKM berikutnya. Pemerintah sudah membolehkan hal itu.

"Tempat permainan anak-anak meliputi mal, pusat perbelanjaan boleh dibuka di kabupaten/kota level 2," kata Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Panjaitan, Senin (18/10).

Ada syarat yang harus dipatuhi, yaitu tempat permainan harus mencatat nomor telepon dan alamat orang tua anak.

20 Ribu Turis ke Bali Tiap Hari

Gubernur Bali Wayan Koster menyebut lebih dari 20 ribu wisatawan domestik datang berkunjung setiap hari.

Koster mengatakan wisatawan domestik yang datang hanya 500-1.000 orang per hari saat kasus Covid-19 sedang tinggi. Kini bisa mencapai 20 ribu per hari.

Kasus Rachel Vennya

Polda Metro Jaya memastikan bakal mengusut selebgram Rachel Vennya dengan pasal pidana usai melanggar ketentuan karantina sepulang dari Amerika Serikat.

Rachel Vennya bakal diperiksa polisi pada Kamis mendatang (21/10). Dia akan diusut dengan UU No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Peringatan Pasien Covid Dirawat

Wakil Sekretaris Jenderal PAPDI Adityo Susilo meminta pemerintah waspada karena mulai bermunculan pasien Covid-19 yang membutuhkan rawat inap di Jakarta.

Adityo juga bekerja sebagai Staf medis divisi penyakit tropik dan infeksi penyakit dalam di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Kasus Covid Harian

Data harian yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan ada 626 kasus baru pada hari ini. Lalu ada 1.593 pasien sembuh dan 47 kasus kematian.

Total kasus positif virus corona di Indonesia jadi 4.235.384. Dari jumlah itu sebanyak 4.075.011 orang dinyatakan pulih, 17.374 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri, sementara 142.999 meninggal dunia.

(khr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER