Mahasiswa Bandung Demo Kritik Kinerja 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf

hyg | CNN Indonesia
Rabu, 20 Oct 2021 23:25 WIB
Poros Revolusi Mahasiswa Bandung menggelar aksi unjuk rasa refleksi dua tahun kepemimpunan Jokowi-Ma'ruf di depan Gedung Sate Kota Bandung Rabu (20/10) sore. Poros Revolusi Mahasiswa Bandung menggelar aksi unjuk rasa refleksi dua tahun kepemimpunan Jokowi-Ma'ruf di depan Gedung Sate Kota Bandung Rabu (20/10) sore. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden).
Bandung, CNN Indonesia --

Barisan mahasiswa yang tergabung dalam Poros Revolusi Mahasiswa Bandung (PRMB) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/10) sore.

Aksi tersebut mengangkat tema refleksi dua tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Indonesia.

Ratusan mahasiswa tersebut memulai aksinya sekitar pukul 14.00 WIB. Sejumlah peserta aksi membawa poster meliputi krisis Hak Asasi Manusia (HAM), krisis ekonomi, krisis pendidikan, krisis kesehatan, krisis demokrasi, dan krisis lingkungan.


"Jadi, aksi ini upaya untuk menyatukan pemahaman kepada publik, memberikan kabar bahwa pada akhirnya Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Dan ini hasil kajian yang sudah dikaji tiap-tiap kampus," kata juru bicara PRMB Ilyas Ali Husni.

Ilyas menjelaskan PRMB terlebih dahulu melakukan kajian terhadap kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang dilantik dua tahun lalu.

Adapun yang menjadi tuntutan mahasiswa ini di antaranya, penuntasan krisis HAM, ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan dan demokrasi.

"Hari ini tepat dua tahun Jokowi dilantik dan ini upaya awal untuk menumpah ruahkan kajian. Jadi, mulai dari isu ekonomi, lahan agraria, lingkungan hukum, kebijakan politik dan lain-lain kita tumpah ruahkan di sini selama dua tahun rezim Jokowi," ujarnya.

"Jadi aksi kami pada akhirnya mengaktivasi lagi ruang perlawanan dan memberikan pemahaman kepada publik secara luas," kata Ilyas menambahkan.

Aksi demonstrasi mahasiswa tersebut membuat Jalan Diponegoro ditutup sementara. Petugas mengalihkan arus lalu lintas di Jalan Diponegoro arah Gedung Sate.

(sfr/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER