Kemenag Gelar Apel Peringatan Hari Santri 2021 Besok

CNN Indonesia
Kamis, 21 Oct 2021 13:25 WIB
Apel peringatan Hari Santri 2021 akan dihelat di kantor Kementerian Agama. Undangan terbatas dan protokol kesehatan diterapkan ketat. Kemenag akan menggelar acara di peringatan Hari Santri 2021 pada 22 Oktober (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Agama akan menggelar Apel Peringatan Hari Santri 2021 pada Jumat (22/10). Apel itu akan diisi dengan Upacara Bendera dan pidato dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumasdi Kantor Kementerian Agama.

"Iya akan ada Apel hari santri Jam 8 pagi di Kemenag," kata Direktur Pesantren, Kemenag, Waryono kepada CNNIndonesia.com, Kamis (21/10).

Waryono mengatakan acara itu hanya dihadiri oleh jajaran internal Kementerian Agam. Ia juga memastikan upacara akan berlangsung sesuai protokol kesehatan yang ketat.


"Setelah itu ada rangkaian puncak Hari Santri SantriVersarry di Kemenag Thamrin," ucap dia.

Hari Santri Nasional pada tahun ini mengusung tema "Santri Siaga Jiwa Raga". Tema ini dirilis oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada akhir September 2021 lalu.

Kemenag juga telah menggelar berbagai rangkaian acara menjelang Hari Santri 2021. Salah satunya Sayembara Santri Siaga Jiwa Raga. Ajang ini merupakan ajang kompetisi bagi santri dan masyarakat umum tentang karya dan inovasi bertema pesantren.

Kemenag pun menggelar sayembara Surat Santri. Sayembara ini bertujuan memberikan kesempatan bagi santri untuk mengekspresikan pemikiran dan harapan mereka melalui tulisan tangan yang ditujukan kepada Presiden dan atau Menteri Agama.

Kemudian ada pula program 'Santri Sehari Menjadi Menteri'. Sayembara ini bertujuan untuk melihat dan mengkader santri agar memiliki jiwa kepemimpinan.

Sayembara ini telah memilih Afi Ahmad Ridlo, santri pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, sebagai pemenang. Rencananya, Afi akan diundang ke Jakarta dan mengikuti prosesi sebagai Santri Sehari Menjadi Menteri dengan berbagai rangkaian aktivitas yang telah disusun panitia.

Tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional setelah keluarnya Keputusan Presiden nomor 22 Tahun 2015 oleh Presiden Joko Widodo.

(rzr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER