Jokowi Diagendakan Terbang ke Roma, Terima Presidensi G20

CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 19:39 WIB
Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri KTTG20 di Roma, Italia akhir Oktober 2021. Jokowi bakal menerima langsung serah terima Presidensi G20. Presiden Jokowi dijadwalkan menghadiri KTT G20 di Roma, Italia akhir Oktober 2021. Jokowi bakal menerima langsung serah terima Presidensi G20. (Arsip Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia akhir Oktober 2021. Jokowi bakal menerima langsung serah terima Presidensi G20.

"Pada tanggal 30-31 nanti presiden akan berangkat ke Roma, akan menerima tampuk kepemimpinan dari G20," kata Fadjroel di Kompleks Istana Kepresidenan dalam rekaman suara yang diterima, Jumat (22/10).

Fadjroel mengatakan pemerintah bakal menyampaikan sikap mendukung green economy dalam menghadapi krisis perubahan iklim di KTT G20 di Roma. Namun, kepastian kehadiran Jokowi di KTT G20 bakal diumumkan lebih lanjut oleh Kementerian Sekretariat Negara. 


"Kita akan menunggu pada saatnya akan dari Kemensetneg. Kapan presiden akan berangkat dan siapa saja yang ikut menghadiri dari penyerahan presiden G20," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyerahan presidensi  akan memulai masa kepemimpinan Indonesia di G20. Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan G20 selama satu tahun ke depan.

"Bapak Presiden akan menghadiri penutupan KTT G20 di Roma pada 31 Oktober. Di sana, Pak Presiden akan menerima secara resmi penyerahan tongkat estafet Presidensi G20 dari Perdana Menteri Italia," kata Airlangga beberapa waktu lalu.

Airlangga berkata Indonesia mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" selama Presidensi G20. Menurutnya, tema tersebut digagas untuk mendorong pemulihan ekonomi global selama pandemi Covid-19.

Indonesia menerima mandat untuk menjalankan Presidensi G20 untuk tahun 2022. Dengan kepercayaan itu, Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam pertemuan 20 negara terkait berbagai isu.

Presiden Jokowi menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 12 Tahun 2021. Ia membentuk Panitia Nasional untuk mempersiapkan perhelatan akbar tersebut.

(dmi/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER