Mahfud soal Pemilu 2024: Pemerintah Bertekad Netral dan Adil

Safyra Primadhyta | CNN Indonesia
Jumat, 22 Oct 2021 22:22 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan pemeritah bertekad netral dan adil dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang. Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan pemeritah bertekad netral dan adil dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan pemerintah telah bertekad untuk bersikap netral, adil, dan tidak memihak dalam pelaksanaan Pemilu 2024.

Mahfud mengklaim sejak memilih panitia seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dipilih orang-orang yang memiliki kredibilitas

"Kami nyatakan bahwa pemerintah kalau dalam urusan Pemilu itu sudah bertekad akan betul-betul netral dan adil, tidak memihak," kata Mahfud setelah menerima kedatangan Panitia Seleksi anggota KPU dan Bawaslu di Kemenko Polhukam, Jumat (22/10).


Menurut Mahfud, kedatangan panitia seleksi ke Kemenko Polhukam masih dalam kerangka menjaga independensi. Sebab, mereka bermaksud melakukan profiling terkait seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu.

"Justru karena ingin independen itu datang ke sini. Kami akan melakukan profiling," unar Mahfud.

Mahfud mengklaim tindakan pemerintah membentuk tim Panitia Seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu menunjukkan bahwa agenda pemerintah pada 2024 mendatang sudah jelas, yakni melaksanakan Pemilu sebagaimana dimandatkan undang-undang.

Selain itu, pada tahun yang sama pemerintah juga akan menggelar pemilihan anggota legislatif dan pemilihan kepala daerah serta melantik Presiden-wakil presiden baru dan anggota DPR baru.

"Pemerintah agendanya jelas, berarti Pemilu 2024 itu Pemilu harus dilaksanakan sesuai dengan kalender konstitusional dan dengan undang-undang," ujarnya.

(iam/sfr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER