Pascapelonggaran PPKM, Anak-anak Ramaikan Mal di Ibu Kota

CNN Indonesia
Sabtu, 23 Oct 2021 18:36 WIB
Sejumlah orang tua ada yang waswas, namun sebagian lagi mengaku ingin menghapus kerinduan anak-anak untuk bermain di mal. Pusat perbelanjaan mulai kembali ramai dipadati pengunjung pasca pemerintah longgarkan sejumlah aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). (CNNIndonesia/Taufiq Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pusat perbelanjaan di DKI Jakarta mulai kembali ramai dipadati pengunjung pascapelonggaran sejumlah aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Gambaran itulah yang terlihat di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Sabtu (23/10) siang. Berdasarkan data aplikasi PeduliLindungi, tercatat setidaknya ada 18.840 pengunjung dari total kapasitas yang diperbolehkan sebanyak 200.000 pengunjung.

Pantauan CNNIndonesia.com, terdapat beberapa penumpukan pengunjung di titik-titik akses mal. Tidak seperti sebelumnya, memasuki area mal, kini jamak ditemukan pemandangan anak-anak hilir mudik sambil riang di lorong-lorong pusat perbelanjaan.


Lihat Juga :

Salah seorang ibu rumah tangga, Maya didapati sedang menunggu gilirannya untuk dapat masuk ke dalam salah satu toko pakaian anak di area mal. Pegawai swasta berusia 39 tahun tersebut mengaku sengaja datang bersama kedua anaknya untuk membeli sejumlah perlengkapan sekolah.

"Soalnya udah mulai sekolah tatap muka lagi. Sementara pakaian dan perlengkapan lainnya belum ada atau sudah tidak bisa digunakan setelah hampir dua tahun di rumah aja," jelasnya kepada CNNIndonesia.com.

Maya bukannya tidak merasa waswas untuk membawa kedua anaknya yang berusia dibawah 12 tahun untuk mengunjungi pusat perbelanjaan. Tren penurunan laju penularan kasus Covid-19 di Jakarta lah yang membuatnya berani melakukan hal tersebut.

"Sebenarnya terpaksa, karena kan kalau untuk pakaian dan perlengkapan anak itu gak bisa dibeli online. Karena mereka yang pakai, jadi dari mereka harus nyaman dan suka dulu," tuturnya.

Ia juga mengaku merasa lebih aman untuk pergi ke mal ketika mengetahui seluruh pengunjung ataupun petugas dipastikan sudah mengikuti program vaksinasi.

Lain halnya dengan Maya, Rina mengaku secara khusus datang bersama anak dan suaminya untuk sekadar kembali merasakan sensasi makan bersama secara langsung di mal.

Selain itu, wanita berusia 29 tahun itu mengatakan hal tersebut dilakukan menuruti permintaan anaknya yang sudah hampir dua tahun tidak pernah lagi mengunjungi pusat perbelanjaan.

"Kangen aja pengen ngerasain lagi gimana rasanya makan di tempat bareng-bareng. Soalnya sebelumnya sempat dilarang kan. Jadi pas tau sudah diperbolehkan langsung ingin nyoba," ujarnya.

Lebih lanjut, Rina menuturkan keluarganya juga berencana untuk menonton film usai berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut.

"Sekalian, mumpung udah dibuka dan ada beberapa film anak-anak juga yang sedang ditayangkan," ujarnya.

Salah seorang petugas keamanan yang berjaga di area food court membenarkan bahwasanya layanan makan di tempat sudah dapat dinikmati oleh anak-anak di bawah usia 12 tahun.

Kendati demikian, perempuan yang enggan disebutkan namanya tersebut mengatakan terdapat sejumlah aturan yang harus ditaati pengunjung.

"Seperti satu meja hanya untuk 2 orang, dan batas maksimalnya hanya 60 menit saja," ujarnya.

Penumpukan pengunjung pun kembali terlihat di luar area food court ataupun restoran yang berada di dalam mal. Sebab, walaupun pemerintah sudah melakukan pelonggaran namun kapasitas pengunjung untuk layanan makan di tempat masih terbatas 50 persen saja. Situasi hampir serupa terlihat pada area bioskop Cinema XXI yang berada di mal Kota Kasablanka. Terdapat antrean pengunjung di loket pembelian tiket film.

Meski tidak sampai mengular, terlihat banyak anak-anak hingga remaja memadati area tersebut. Petugas keamanan di bioskop juga nampak memperingati pengunjung untuk tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Meski mulai ramai, manajemen Kota Kasablanka memastikan kedisiplinan para pengunjung ditegakkan.

"Untuk wajib pakai masker, cek suhu, hand sanitizer, touchless button, one flow dan yang lainnya tetap dipantau dilaksanakan," ujar Senior Promotion Manager Kota Kasablanka, Agung Gunawan saat dikonfirmasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnyamengizinkan tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan di dalam mal untuk kembali beroperasi pada pelonggaran PPKM level dua.

Aturan tersebut tercantum dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Nomor 1245 tahun 2021 tentang PPKM level dua di Jakarta. Keputusan tersebut juga mengikuti arahan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM level tiga, dua dan satu Covid-19.

Secara umum, aktivitas di dalam pusat perbelanjaan/mal dalam PPKM level dua masih tetap sama dengan dua pekan sebelumnya.

Kapasitas maksimal yang diizinkan di mal adalah 50 persen dan jam operasional hingga pukul 21.00 WIB. Selain itu, wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pemeriksaan awal bagi pengunjung dan pegawai. Sedangkan pengunjung usia di bawah 12 tahun, wajib didampingi orang tua untuk memasuki mal/pusat perbelanjaan.

(tfq/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER