Gempa Susulan 8 Kali Guncang Ambarawa dan Salatiga

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 12:55 WIB
Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara mencatat delapan kali gempa susulan di wilayah Ambara dan Salatiga sejak Minggu (24/10) pagi bermagnitudo 2,5 sampai 3,0. Gempa susulan masih terjadi di kawasan Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga pada Minggu (24/10). Foto: Istockphoto/Petrovich9
Semarang, CNN Indonesia --

Gempa susulan masih terjadi di kawasan Ambarawa Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga pada Minggu (24/10).

Berdasarkan data Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, gempa pada Minggu dari pukul 05.50 hingga pukul 10.00 WIB tercatat sebanyak 8 kali dengan rata-rata bermagnitudo antara 2,5 sampai 3,0.

"Hari ini Minggu tercatat ada 8 kali. Dimulai di pukul 05.50 WIB sampai pukul 10.00 WIB. Semua titik pusat gempa ada di wilayah Salatiga. Diperkirakan masih terus berlanjut," ungkap Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara Setyoadjie Prayudhie.


Bila digabungkan dengan hari Sabtu kemarin, jumlah gempa susulan yang terjadi sudah 31 kali.

"Kalau dengan yang kemarin, sudah 31 kali. Warga tidak perlu panik dan khawatir. Silakan beraktivitas seperti biasa," kata Adjie.

Gempa tektonik di wilayah Ambarawa dan Salatiga dipicu gempa dangkal dari sesar Merapi-Merbabu. Gempa ini tidak mempengaruhi aktivitas vulkanis Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

(dmr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER