Ganjar Minta Warga Pegunungan Siaga Longsor Dampak Gempa

CNN Indonesia
Minggu, 24 Oct 2021 18:05 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta warga pegunungan di Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Purbalingga, Cilacap dan Banyumas siaga rawan longsor dampak gempa. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta warga pegunungan di Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Purbalingga, Cilacap dan Banyumas siaga rawan longsor dampak gempa. Foto: CNN Indonesia/Damar Sinuko
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta warga di daerah pegunungan untuk siaga terkait dengan adanya gempa akibat pergerakan sesar, sehingga dapat mengurangi risiko bencana yang ditimbulkan.

"Saya ingatkan daerah lain agar siaga seperti pegunungan tengah, yakni Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Purbalingga, Cilacap, Banyumas, itu rawan longsor," kata Ganjar Pranowo di Semarang, Minggu.

Ganjar menjelaskan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng bersama tim geologi terus memantau pergerakan sesar yang mengakibatkan terjadinya rentetan gempa bumi di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang.


"Ini terus dipantau, apakah sudah mencapai keseimbangannya, karena tim lagi bekerja, maka diasumsikan kita mesti siaga di daerah-daerah sesar," ujarnya.

Sebagai tindak lanjut penanganan gempa di Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang, Ganjar mengaku sudah berkomunikasi dengan kepala daerah di dua wilayah tersebut.

Ganjar meminta segera digelar apel siaga yang melibatkan Forkompimda dan sukarelawan sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana pada musim hujan, tidak hanya gempa saja.

Menurut dia, apel siaga tersebut bagian dari sosialisasi kepada semua pihak dalam upaya mengurangi risiko bencana.

"Pada beberapa titik rawan bencana, saya minta dilakukan simulasi evakuasi dengan menggunakan seluruh kemampuan dan peralatan yang ada, sehingga bisa dilakukan penyelamatan lebih cepat serta mengurangi risiko bencana," kata Ganjar.

BMKG mencatat terjadi rentetan gempa bumi di Salatiga, Banyubiru, Bawen, dan Ambarawa, Provinsi Jawa Tengah sejak Sabtu (23/10) dinihari pukul 00.32 WIB yang dipicu oleh sesar aktif.

(Antara/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER