Masinis Terluka Imbas Tabrakan LRT di Jalur Layang Cibubur

CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 17:56 WIB
Tabrakan kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek di antara Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas, Senin (25/10) mengakibatkan masinis terluka ringan. Tabrakan kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek di antara Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas, Senin (25/10) mengakibatkan masinis terluka ringan. Foto: cnnindonesia/adiibrahim
Jakarta, CNN Indonesia --

Tabrakan kereta lintas rel terpadu (LRT) Jabodebek di antara Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas, Senin (25/10) mengakibatkan masinis terluka ringan.

"Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS," kata SM PKL, CSR dan Relationship, Bambang Ramadhiarto dalam keterangan tertulis, Senin.

Bambang menjelaskan kecelakaan itu melibatkan 2 rangkaian kereta LRT di antara petak stasiun Harjamukti - stasiun Ciracas jalur LRT Jabodebek.


Kereta tersebut, kata dia, merupakan bagian dari uji coba.

"Ini merupakan bagian dari uji coba dan di ruas ini belum ada operasional LRT. Kronologi kejadian tersebut terdapat satu rangkaian kereta akan langsir menumbuk rangkaian yang sedang stabling," katanya.

Ia juga menjelaskan kereta dalam kondisi tidak terisi oleh penumpang. "Untuk penyebab kecelakaan masih dilakukan investigasi dari tim PT INKA," katanya.

Berdasarkan kesaksian warga di Gang Gotong Royong, Munjul, Jakarta Timur, suara dentuman keras terdengar saat dua rangkaian kereta LRT itu bertabrakan.

Salah seorang ibu rumah tangga, Ani, mengaku mendengar dentuman saat berada di dalam rumahnya sekitar pukul 13.00 WIB.

Ia awalnya tak tahu dari mana suara dentuman itu berasal. Lalu, banyak tetangganya melaporkan bahwa LRT mengalami tabrakan.

"Suaranya 'duar' gitu. Kencang. Saya awalnya enggak tahu suara apa. Tapi katanya kereta LRT tabrakan. Dan benar gerbong kereta tabrakan," kata Ani saat ditemui CNNIndonesia.com di depan rumahnya.

Jarak rumah Ani dengan titik lokasi kejadian tabrakan kereta sekitar 700 meter. Sehingga, Ia masih mendengar suara kejadian tersebut dengan jelas.

Tak hanya Ani, seorang petugas di Balai Proteksi Tanaman, Ciracas, Jakarta Timur juga mendengar suara dentuman tersebut. Ia mengatakan bahwa suara tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saya lagi istirahat. Terus ada suara dentuman. Kita cek ternyata kita lihat kereta sudah tabrakan gitu," kata petugas yang enggan diungkap namanya.

Rangkaian kereta LRT Jabodebek yang terlibat tabrakan di jalur layang ruas Munjul, Cibubur, Jakarta Timur, kini ditutup seperti terpal berwarna oranye.

(yoa/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER