Warga Sakit Usai Santap Ricebox Logo PSI, Giring Turun Tangan

Antara | CNN Indonesia
Senin, 25 Oct 2021 23:55 WIB
Giring mengatakan kedatangannya ke RS Koja sebagai bentuk simpati dan tanggung jawab partai kepada korban yang mengalami mual dan muntah usai santap nasi kotak. Giring mengatakan kedatangannya ke RS Koja sebagai bentuk simpati dan tanggung jawab partai kepada korban yang mengalami mual dan muntah usai santap nasi kotak. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha minta kader PSI DKI Jakarta selama 24 jam dampingi korban diduga keracunan nasi kotak atau rice box.

Sejumlah warga di Kampung Beting, Koja, Jakarta Utara diduga keracunan usai menyantap nasi kotak dengan logo PSI.

"Pengurus PSI dari tadi (Minggu) malam bersiaga (standby) di sini (Rumah Sakit Koja) terus untuk menjaga semua keadaan yang saat ini alhamdulillah sudah membaik," kata Giring saat menyambangi Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara, Senin (25/10) malam.


Giring mengatakan kedatangannya ke RS Koja sebagai bentuk simpati dan tanggung jawab partai kepada korban yang mengalami mual dan muntah, diduga setelah mengonsumsi nasi kotak yang dibagikan oleh Pengurus Daerah PSI Jakarta Utara.

"Kami di sini untuk benar-benar ada rasa simpati dan tanggung jawab," kata Giring.

Ia pun memohon maaf kepada masyarakat atas kejadian tersebut.

Dalam peristiwa nasi kotak logo PSI, terdapat 35 warga Kampung Beting, Koja, Jakarta Utara mengalami mual dan muntah diduga setelah mengonsumsi nasi kotak yang dibagikan PSI Jakarta Utara.

Giring mengatakan 23 orang sempat dirawat di Rumah Sakit Koja, namun 18 orang sudah dibolehkan pulang. Sehingga tersisa lima orang lagi yang saat ini masih dirawat.

"Masih ada lima lagi yang dirawat. Kita doakan agar semua baik-baik saja," kata Giring.

Sebelumnya, Ketua DPW PSI Jakarta, Michael Sianipar buka suara soal kejadian itu dan mengatakan PSI tidak membuat makanan yang dibagikan dalam bentuk nasi kotak tersebut.

"Kami membagikan dan menghimpun dukungan program ricebox ini dari publik, bekerjasama dengan warung-warung dan UMKM. Sejauh ini sudah lebih dari 300 ribu ricebox yang dibagikan di seluruh Indonesia dan selama ini semua berjalan baik," kata Michael saat dihubungi, Senin (25/10).

Ia menyebut, ricebox atau nasi kotak PSI esensinya untuk mendukung UMKM yang terdampak pandemi. Pihaknya, kata dia, membeli makanan dari UMKM untuk mendukung ekonomi.

Terkait kejadian keracunan itu, ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan puskesmas dan RS untuk memastikan warga tertangani.

"Kami mohon maaf atas hal-hal yang kita bersama tidak harapkan. Kami juga telah memberikan bantuan bagi para korban keracunan makanan," katanya.

(Antara/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER