Upacara Pindah Agama Sukmawati Dijaga Ketat Puluhan Pecalang

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 10:05 WIB
Sukmawati Soekarnoputri tiba di kawasan Sukarno Center Heritage, Buleleng, Bali, untuk mengikuti upacara pindah agama, Selasa (26/10). Upacara pindah agama Sukmawati digelar tertutup dan dijaga ketat pecalang maupun polisi. (CNN Indonesia/Dafie)
Buleleng, CNN Indonesia --

Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri tiba di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Desa Paket Agung, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (26/10). Upacara pindah agama Sukmawati digelar pukul 09.30 Wita.

Sukmawati menumpang mobil Alphard hitam dengan keluarganya, dan dikawal satu mobil Patwal Polisi. Ia lalu memasuki kawasan Sukarno Center Heritage Bale Agung Singaraja untuk menjalani upacara Sudhi Wadani atau upacara untuk berpindah keyakinan dari Islam menjadi Hindu.

Hanya keluarga dan para undangan yang diperbolehkan masuk ke kawasan tersebut. Sementara pihak keamanan dari polisi hingga puluhan pecalang setempat menjaga ketat lokasi acara.


"Mohon maaf tidak bisa mengikuti acara dan nanti baru boleh meliput setelah acara selesai," kata salah satu panitia kepada awak media dan berlalu pergi.

Sukmawati Soekarnoputri akan menjalani upacara untuk berpindah agama dari Islam menjadi Hindu. Rangkaian upacara itu dilakukan di kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung, Singaraja.

Sejumlah ucapan selamat upacara menghiasi gerbang kawasan tersebut. Ucapan upacara Manusa Yadnya Sudhi Wadani yang dihias dari karangan bunga itu salah satunya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu Bintang Puspayoga.

Sejumlah karangan bunga menghiasi gerbang Kawasan Sukarno Heritage yang berlokasi di Jalan Gunung Batur, Kabupaten Buleleng, Bali, yang merupakan tempat upacara Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri yang menjalani upacara untuk berpindah keyakinan dari Islam menjadi Hindu, pada Selasa (26/10).Sejumlah karangan bunga menghiasi gerbang Kawasan Sukarno Heritage, lokasi upacara pindah agama Sukmawati Soekarnoputri, Selasa (26/10). (CNN Indonesia/Dafie)

Sehari sebelumnya, Sukmawati melakukan upacara ruwatan atau penglukatan di pantai. Sedangkan acara hari ini merupakan seremonial.

Penglingsir Pasek Bale Agung, Jro Made Arsana sekaligus penanggung jawab upacara menyampaikan perpindahan keyakinan Sukmawati sudah melalui proses panjang. Menurutnya, selama ini Sukmawati juga sudah lama mendalami ajaran Hindu.

"Jadi penuturan dari saudaranya atau anak-anaknya dari kelima saudaranya, ini memang dilihat Sukmawati sudah (memang ingin) ke Hindu. Apalagi dia, pernah menikah dengan di Keraton kejawen sudah lama, dia sudah mendalami Hindu," ujarnya.

Pindah agama Sukmawati kali ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya yang ke-70.

(kdf/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER