SBY hingga Roy Suryo Kenang Sudi Silalahi: Orang Baik dan Dituakan

CNN Indonesia
Selasa, 26 Oct 2021 18:48 WIB
SBY dan sejumlah tokoh yang hadir mengenang eks Mensesneg Sudi Silalahi memiliki pribadi yang baik. SBY hadiri pemakaman Sudi Silalahi. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga mendiang Letjen TNI (Purn) Sudi Silalahi usai prosesi pemakaman di komplek Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (26/10).

Kepada keluarga, SBY menyebut bahwa mendiang Sudi adalah orang yang baik, jujur, dan memberi banyak jasa kepada negara.

"Jujur baik, surga Insya Allah. [Sudi] orang baik, banyak jasanya. Turut belasungkawa ya, yang tabah, yang terbaik di mata Allah," ucap SBY, usai prosesi pemakaman.


SBY hadir dalam prosesi pemakaman Sudi bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Eddy Baskara Yudhoyono alias Ibas. Prosesi pemakaman berlangsung khidmat meski diiringi hujan deras.

Di tempat yang sama, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo juga menyebut mendiang Sudi Silalahi adalah orang yang dituakan di Kabinet Indonesia Bersatu di bawah SBY.

Roy menyebut Sudi adalah orang baik dan selalu memberi nasihat. Menurut dia, Sudi, yang kala itu pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dan Sekretaris Kabinet era SBY kerap memberi masukan kepada kementeriannya.

"Ketika sempat menjabat di Pemuda Olahraga, banyak sekali mendapat masukan dari Pak Sudi, yang kemudian meneruskan kalau misalnya bekerja itu harus lurus, amanah," kata Roy, di kompleks makam pahlawan Kalibata, Selasa (26/10).

Roy mengaku kaget saat mendengar kabar Sudi meninggal pada Senin (25/10) dini hari. Sebab, 10 hari sebelumnya, ia ingat Sudi sempat bertandang ke kediaman SBY di Cikeas untuk menonton voli.

Menurut dia, Sudi kala itu tak menunjukkan tanda-tanda sakit. Dia pun mendoakan agar mendiang diterima di sisi Allah SWT.

"Kita juga kaget karena belum lama ini, kita dengar 10 hari yang lalu, Pak Sudi masih nonton voli di tempat Pak SBY," katanya.

Beberapa mantan petinggi negara di masa SBY juga hadir di lokasi. Antara lain yakni, mantan Wakil Presiden Boediono dan Jusuf Kalla, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, mantan Menteri Perhubungan Hatta Rajasa, hingga mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Sudi meninggal dunia pada Senin (25/10) sekitar pukul 23.50 di RSPAD, Jakarta. Ia merupakan Menteri Sekretaris Negara periode 2009-2014 di periode kedua SBY menjadi Presiden. Di periode pertama SBY, ia menjabat sebagai Menteri Sekretaris Kabinet (2004-2009).

Keluarga menyebut tak ada riwayat penyakit yang diderita Sudi sebelum meninggal. Beberapa jam sebelum dilarikan ke rumah sakit, Sudi dikabarkan merasakan nyeri di perut saat lari pagi.

"Kalau sebelum meninggal itu setelah jalan pagi, jadi nyeri perut, masuk rumah sakit, dan meninggal, begitu saja," kata anak ketiga Sudi Silalahi, Cahyo Pangaribowo Silalahi.

(thr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER