Polisi Sebut Demo Mahasiswa di Makassar Digelar di 10 Titik

CNN Indonesia
Kamis, 28 Oct 2021 13:12 WIB
Elemen mahasiswa di Kota Makassar juga menggelar demo bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Polisi menyebut ada 10 titik aksi. Kelompok mahasiswa menggelar demo di batas Kota Makassar-Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/Ilham)
Makassar, CNN Indonesia --

Demo mahasiswa dari berbagai elemen organisasi akan digelar di Kota Makassar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda. Polisi menyebut ada 10 titik aksi pada hari ini.

Beberapa titik aksi itu di antaranya di Jalan AP Pettarani, di bawah jembatan layang, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Urip Sumohardjo, Jalan Perintis Kemerdekaan, pertigaan Jalan Hertasning-Jalan AP Pettarani dan Jalan Gunung Bawakaraeng.

"Untuk sementara ini diperkirakan ada 10 titik. Tapi, kita juga masih melihat kondisi ke depannya," kata Kabag Ops Polrestabes Makassar, Kompol Nugraha Pamungkas, Kamis (28/10).


Dia mengatakan lokasi yang akan menjadi pusat titik aksi diperkirakan berada di bawah jembatan layang. Menurutnya, aparat telah menyiagakan ribuan personel di sejumlah titik aksi.

"Estimasi jumlah personel yang disiagakan dari Polrestabes Makassar sebanyak 1.800 personel gabungan ya," ujarnya.

Nugraha menyatakan pihaknya akan mengedepankan langkah persuasif dan humanis dalam menangani demo mahasiswa kali ini. Namun, apabila ada massa aksi yang dianggap berbuat onar, polisi akan melakukan tindakan tegas.

Nugraha juga mengimbau massa aksi tetap menjaga ketertiban dan tidak menutup jalan saat menyampaikan aspirasinya.

"Tetap kepentingan masyarakat juga harus kita perhatikan, jangan sampai membuat kerugian warga dengan menutup full jalan nantinya," katanya.

Di Jakarta, kelompok buruh dan mahasiswa juga menggelar aksi mengkritisi pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Demo kali ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Mereka mengusung 13 tuntutan terkait evaluasi kinerja Jokowi-Ma'ruf di tahun kedua yang dinilai gagal menyejahterakan rakyat.

(mir/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER