Andika Enggan Pola Perang di Papua, Operasi Baru Disusun Awal 2022

CNN Indonesia
Selasa, 09 Nov 2021 15:14 WIB
Pola operasi di Papua akan dirumuskan pada Desember, dengan operasi baru yang disusun pada Januari 2022. Salah satu operasi gabungan TNI dan Polri di Papua. Pola operasi baru akan digodok di awal Januari 2022. (Foto: Dok. Puspen TNI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Operasi keamanan yang baru di Papua akan disusun pada awal 2022 menyusul rencana calon Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memakai pendekatan 'memenangkan pertempuran tanpa peperangan' di Bumi Cendrawasih.

"Mulai awal Januari 2022 akan kita susun operasi baru. Tentunya dengan pola yang akan kita rumuskan Desember nanti," kata Asisten Operasi Kapolri Irjen Imam Sugianto saat dikonfirmasi, Selasa (9/11).

Namun, Imam menyebut untuk saat ini pihaknya masih menerapkan pola yang sama. Terlebih, Operasi Nemangkawi masih berjalan dan baru akan berakhir pada Desember 2021.


"Kita akan koordinasi lanjut nanti dengan TNI untuk susun pola yang terbaik selesaikan Papua," ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus menyebut bahwa Andika Perkasa akan memakai pendekatan lunak di Papua lewat skema "memenangkan pertempuran tanpa peperangan".

"Prinsip beliau disampaikan tadi bagaimana memenangkan pertempuran tanpa peperangan. Artinya ada pendekatan lunak yang dia lakukan, pendekatan sosial," kata dia kepada wartawan usai fit and proper test, di kompleks parlemen, Senayan Jakarta, Sabtu (6/11).

(dis/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER