PKB Soal Jokowi Reshuffle: Hilal Akhir Tahun, Desember

CNN Indonesia
Jumat, 19 Nov 2021 21:10 WIB
Selain memprediksi reshufle dilakukan pada Desember, PKB menyebut pengumuman reshuffle biasanya akan disampaikan Jokowi pada hari Rabu. Politikus PKB, Jazilul Fawaid. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid menyebut bahwa Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle atau kocok ulang jajaran menterinya pada Desember mendatang.

Jazilul akan tetapi tak menjelaskan alasan pilihan waktu tersebut. Ia mengaku pilihan waktu tersebut berdasarkan pertimbangannya secara pribadi.

"Ya hilal akhir tahun atau awal tahun. Desember," kata Jazilul kepada CNNIndonesia.com, Jumat (19/11).


Dia juga tak dapat memastikan persis tanggal pengumuman reshuffle akan diumumkan Presiden. Namun, menurutnya, pengumuman reshuffle biasanya akan disampaikan Jokowi pada hari Rabu. Rabu, khususnya Pon dalam penanggalan Jawa, kerap dipakai Jokowi untuk mengambil keputusan penting.

Bila merujuk penanggalan di bulan Desember, hari Rabu akan jatuh pada tanggal 1, 8, 15, 22, dan 29.

Jokowi terakhir merotasi dan mengganti pembantunya di jajaran menteri pada 28 April lalu atau bertepatan dengan Rabu Wage di penanggalan Jawa. Pemilihan Rabu Wage tak seperti biasa yang dilakukan Jokowi sejak 2015, yakni pada Rabu Pon.

Sedangkan, bila merujuk penanggalan pada Desember 2021, Rabu Pon akan jatuh pada 8 Desember. Atau, jika Jokowi akan melakukan reshuffle pada Rabu Wage seperti reshuffle terakhir, Rabu Wage akan jatuh pada 29 Desember.

Wacana kocok ulang kabinet kembali menguat seiring pergantian Panglima Baru dari Marsekal Hadi Tjahjanto ke KSAD Jenderal Andika Perkasa. Momentum itu bersamaan dengan masuknya PAN ke barisan koalisi pemerintah sejak awal September lalu.

(thr/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER