Bambang Pacul PDIP Resmi Jabat Ketua Komisi III DPR

CNN Indonesia
Senin, 22 Nov 2021 17:30 WIB
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul ditetapkan sebagai Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum dan keamanan. Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul ditetapkan sebagai Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum dan keamanan. Foto: CNN Indonesia/Safir Makki
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul resmi ditetapkan sebagai Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum dan keamanan.

Pengesahan Bambang Pacul dipimpin Wakil Ketua DPR dari fraksi Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus di ruang rapat Komisi III DPR, pada Senin (22/11) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saya akan menanyakan apakah pergantian Ketua Komisi III DPR, dari unsur fraksi PDIP, yang semula saudara Herman Hery, anggota A238 digantikan Bambang Wuryanto anggota A184, dapat disetujui?" Tanya Lodewijk.


"Setuju," jawab para peserta sidang kompak. "Tok," diikuti bunyi ketukan palu oleh Lodwijk.

Rotasi di internal fraksi PDIP itu tertuang dalam surat fraksi PDIP DPR RI, nomor 158/FPDIP/DPR RI/XI/2021 tertanggal 16 November 2021. Surat tersebut ditekan Ketua Fraksi PDIP, Utut Adianto dan Sekretaris fraksi Bambang Wuryanto.

Rapat pengesahan Bambang Pacul dihadiri 27 dari 53 anggota Komisi III DPR, yang terdiri dari delapan fraksi. Jumlah tersebut dengan demikian telah memenuhi syarat kuota forum (kuorum) sesuai pasal 201 ayat 1 Peraturan DPR tentang Tata Tertib.

Sementara itu, digantikan Bambang Pacul, Herman Herry kini diketahui telah dipindah menjadi anggota Komisi VII DPR yang membidangi ilmu pengetahuan, energi, mineral, hingga batu bara.

Sebagai Ketua Bambang Pacul, didampingi empat wakil ketua. Masing-masing yakni, Adies Kadir dari fraksi Golka, Ahmad Sahroni dari fraksi Nasdem, Desmond J Mahesa dari fraksi Gerindra, dan Pangerang Khairul Saleh dari fraksi PAN.

(thr/gil)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER