Relawan Ganjar ke Kaltim, Disebut Bidik Ceruk Suara Transmigran Jawa

CNN Indonesia
Selasa, 23 Nov 2021 00:10 WIB
Pengamat politik menyebut upaya relawan menyambangi komunitas Jawa di Kalimantan demi meraih ceruk suara di pilpres 2024. Relawan Ganjar sambangin Kalimantan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kelompok relawan pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi calon presiden (capres) 2024, Sahabat Ganjar menemui komunitas masyarakat Jawa di Kalimantan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel Horison Sagita, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur itu Sahabat Ganjar juga melakukan konsolidasi internal secara tertutup.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, menyatakan komunitas masyarakat Jawa di Kalimantan merupakan basis pemilih yang harus didekati dan dirawat bagi capres ingin memenangkan Pilpres 2024.


Menurutnya, masyarakat Jawa di Kalimantan merupakan komunitas yang besar karena proses transmigrasi.

"Dulu ada istilah transmigrasi, orang Jawa di Kalimantan dan Sumatera. Pola ini menentukan juga, orang Jawa ada di mana-mana. Untuk pemilu, tentu menentukan," kata Ujang kepada CNNIndonesia.com, Senin (22/11).

Ia juga menyatakan, memenangkan kontestasi di Kalimantan merupakan hal yang penting bagi setiap capres karena pilpres tidak hanya berlangsung di satu provinsi saja.

"Bicara pilpres kita bicara Indonesia, artinya Kalimantan harus dijangkau. Tetap semua capres semua daerah itu penting," ujarnya.

Selain menemui komunitas masyarakat Jawa dan konsolidasi internal, Sahabat Ganjar juga melakukan aksi sosial di Balikpapan dengan menyantuni anak yatim dan dhuafa di Panti Asuhan Sahabat Yatim Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan dalam rangka memperingati Hari Anak yang jatuh pada 20 November.

"Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia. Kami mencari tempat, di mana ada komunitas anak yang bisa kami support dalam kehidupannya sehari-hari," ujar Ketua DPW Sahabat Ganjar Kalimantan Timur, Agus Wangkay.

Dalam kesempatan itu, Sahabat Ganjar memberikan sejumlah bantuan berupa sembako dan kebutuhan dasar lainnya untuk anak yatim dan dhuafa.

Mereka juga membawa relawan medis untuk periksa kesehatan secara gratis kepada anak-anak di panti dan pengurus panti.

Sebagai informasi, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh kemenangan di Provinsi Kalimantan Timur pada Pilpres 2019 lalu dengan perolehan 1.094.845 suara mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memperoleh 870.443 suara.

Menurut Ujang, relawan Ganjar mencoba menjaga suara yang diperoleh oleh Jokowi tersebut dengan berharap bisa dilanjutkan ke Ganjar Pranowo di pilpres 2024.

(mts/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER