Viral Ceramah Bahar bin Smith: Khianati Habib Rizieq Bakal Ane Habisi

CNN Indonesia
Kamis, 25 Nov 2021 20:41 WIB
Video Bahar bin Smith tengah berceramah yang dihadiri jamaahnya usai bebas dari penjara viral di media sosial. Bahar bin Smith kembali berdakwah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Video Bahar bin Smith tengah berceramah di suatu acara yang dihadiri jamaahnya usai bebas dari penjara viral di media sosial.

Tampak Bahar mengenakan baju koko dengan peci berwarna putih di video tersebut. Ia turut didampingi oleh eks Ketum Front Pembela Islam (FPI) Shabri Lubis yang duduk di kursi sebelahnya.

Dalam ceramahnya, Bahar menyinggung mengenai pihak-pihak yang mengkhianati eks pentolan FPI, Rizieq Shihab. Dengan suara meninggi dan serak, Ia memastikan akan melawan pihak yang mengkhianati Rizieq tanpa pandang bulu latar belakangnya.


"Karena itu saya sampaikan ente orang, saya enggak bahas pemerintah. Ente orang para habaib para kiai, para ulama siapa pun ente, mau ente anaknya wali, mau ente anaknya ulama. Kalau ente mengkhianati Habib Rizieq, bakal ane habisi satu satu satu," kata Bahar sambil menunjuk-nunjuk dalam video tersebut.

Sontak, para peserta yang hadir dalam acara tersebut serempak memekik kata takbir. "Allahuakbar".

Bahar lantas menanyakan ke mana perginya para ulama dan kiai saat Rizieq Shihab terbelit kasus dan dipenjara saat ini. Padahal, Bahar menilai para ulama dan kiai itu sudah mengundang Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.

Diketahui, Rizieq pulang ke Indonesia dari Saudi pada November 2020 lalu. Kini, Rizieq tengah mendekam di penjara usai terjerat hukuman kasus menyebarkan kabar bohong tes swab virus corona di RS Ummi, Bogor.

"Kalau yang wali-walian jangan sama ana. Ke mana ente orang? Kalau yang ulama-ulamaan jangan sama ana. Biadab. Ke mana ente orang? Ente kalian semuanya yang undang Habib Rizieq. Di Mekkah enak, tenang hidupnya. Kalian yang undang beliau datang Tanah Air. Kalian ketika beliau di penjara, ke mana kalian?" ujar Bahar dengan nada tinggi kembali.

Bahar juga menanyakan para ulama dan kiai tak membela ketika enam pengawal Rizieq dibunuh di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 pada Desember 2020 lalu. Ia menuding saat ini mereka justru melempem dan berpihak pada orang yang zalim. Ia sendiri tak merinci siapa orang zalim yang ditudingnya tersebut.

"Ketika beliau dipenjara, kalian melempem, kalian jadi lembut Kepada orang-orang yang zalim. Saya bakal cari kalian satu persatu. Bakal saya habisi, berapa pun kalian, bakal saya habisi dan saya musnahkan," ucapnya.

Terpisah, Pengacara Bahar bin Smith, Ichwan Tuankotta mengatakan video ceramah viral tersebut diambil saat Bahar menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Kranji Bekasi, Jawa Barat.

"Itu ceramah malam Kamis kemarin. Tiga hari setelah beliau bebas," kata Ichwan membenarkan video tersebut.

Diketahui, Bahar resmi menghirup udara bebas setelah selesai menjalani masa pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas IIA Gunung Sindur pada Minggu (21/11).

Bahar sempat divonis 3 tahun penjara dan denda Rp50 juta subsidair 1 tahun penjara dalam kasus penganiayaan dua orang remaja pada 9 Juli 2019. Bahar sempat mendapat program asimilasi pada Mei 2020. Namun, ia kembali masuk bui karena dianggap melanggar protokol kesehatan Covid-19.

Bahar kembali terjerat kasus penganiayaan. Dalam kasus yang melibatkan sopir taksi online itu, Bahar divonis 3 bulan penjara pada Juni 2021.

(rzr/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER