DKI Perbaiki Tutup Drainase di Cilandak, Padahal Baru Dipasang

CNN Indonesia
Minggu, 28 Nov 2021 14:32 WIB
Menurut Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, drainase vertikal di Jalan Intan, Cilandak Barat, yang jebol karena yang dipasang adalah tutup sementara. Menurut Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, drainase vertikal di Jalan Intan, Cilandak Barat, yang jebol karena yang dipasang adalah tutup sementara. Ilustrasi. (CNNIndonesia/ Dika Dania).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta (Dinas SDA DKI) Yusmada Faizal buka suara soal tutup drainase vertikal di Jalan Intan, Cilandak Barat, Jakarta Selatan, yang jebol. Padahal, drainase itu baru dipasang.

Menurut Yusmada, tutup drainase vertikal yang jebol itu adalah tutup sementara. Pihak vendor juga sudah melakukan perbaikan mengenai masalah ini.

"Saat ini, pekerjaan drainase vertikal masih dalam masa konstruksi yang menjadi tanggung jawab vendor/rekanan pelaksana yang bersangkutan. Penutup drainase vertikal di Jalan Intan yang rusak tersebut adalah penutup sementara," kata Yusmada dalam keterangannya, Sabtu (27/11).


"Saat ini oleh vendor yang bersangkutan sedang dilakukan perbaikan dan penggantian penutup jenis heavy duty (beban berat) untuk menjamin keamanan berlalu lintas," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Yusmada mengatakan Pemprov DKI Jakarta memang tengah berupaya menambah titik-titik drainase vertikal. Penambahan titik-titik drainase vertikal dilakukan di sejumlah wilayah rawan genangan dan banjir.

Menurut Yusmada, Pemprov DKI juga berupaya mengoptimalkan pembuatan drainase vertikal agar dapat menampung, menyimpan, dan menambah cadangan air tanah. Termasuk juga untuk mengurangi limpasan air hujan ke saluran pembuangan dan badan air lainnya.

Sebelumnya, soal penutup sumur resapan yang jebol itu sempat diungkapkan oleh komika Soleh Solihun lewat cuitannya di Twitter pada Jumat (26/11). Dalam unggahannya, Soleh menyematkan dua foto yang menunjukkan penutup sumur resapan jebol, bahkan berlubang.

"Dear @DinasSDAJakarta ini galian drainase vertikal di Jalan Intan, belum ada sebulan usianya, udah hancur bahkan berlubang. Membahayakan pengendara, nih," cuit Soleh lewat akun @solehsolihun.

(dmi/bir)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER