Massa Buruh Kecewa Khofifah Pilih Dampingi Jokowi Resmikan Bendungan

CNN Indonesia
Rabu, 01 Dec 2021 01:36 WIB
Ribuan buruh dari sejumlah wilayah Jatim kecewa Gubernur Khofifah Indar Parawansa tak bisa menemui massa aksi. Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) meninjau layanan kependudukan di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020). (ANTARA FOTO/BUDI CANDRA SETYA)
Surabaya, CNN Indonesia --

Ribuan buruh dari sejumlah wilayah Jawa Timur menggelar aksi unjuk rasa menolak upah murah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Mereka kecewa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak bisa menemui massa aksi.

Khofifah tengah mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo untuk meresmikan proyek pembangunan bendungan di Kabupaten Bojonegoro dan Trenggalek, Jatim.

Sekretaris Jenderal Komite Pusat Solidaritas Perjuangan Buruh Indonesia (SPBI), Fatkhul Khoir, mengatakan ketidakhadiran Khofifah ini menunjukkan bahwa gubernur tak memiliki keberpihakan terhadap para pekerja.


"Ini kan menunjukkan ketidakberpihakan gubernur kepada kaum buruh," kata Fatkhul di sela aksi, Selasa (30/11).

Fatkhul menyebut bahwa Khofifah tak pernah sekalipun mau berdialog dengan para buruh. Ia pun mempertanyakan kepedulian mantan Menteri Sosial RI itu terhadap kesejahteraan masyarakatnya.

"Artinya kalau memang dia adalah gubernur masyarakat Jatim maka apapun yang terjadi kan paling enggak ada dialog dengan kami untuk menerima kami sebagai warga Jatim dalam menyampaikan aspirasi," ucapnya.

Buruh mengaku kecewa terhadap sikap Khofifah itu. Baginya perilaku itu cenderung acuh kepada ribuan buruh yang juga merupakan rakyat Jatim.

"Sangat kecewa terhadap sikap Khofifah yang tidak mau bertemu dengan buruh," ucapnya.

Terpisah, Gubernur Jatim Khofifah mengaku optimistis dengan keberadaan dua bendungan yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi yaitu Bendungan Tugu di Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Bojonegoro, itu semakin mendongkrak produktivitas sektor pertanian dan perikanan Jatim.

Dengan begitu, kata dia, tingkat kesejahteraan petani Jatim pun dapat semakin meningkat. Kedua bendungan ini menurutnya, juga dapat dijadikan destinasi wisata sehingga menambah pendapatan warga sekitar.

"Karena ini akan dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi petani, sektor pertanian bergerak, sektor perkebunan terfasilitasi begitupun sektor perikanan. Pun dengan sektor pariwisata karena bisa menjadi destinasi baru," kata Khofifah.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi meresmikan dua bendungan di Jawa Timur. Kedua bendungan itu ialah Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro.

Bendungan Tugu memiliki kapasitas tampung 12 juta meter kubik dan dapat memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare. Sedangkan Bendungan Gongseng memiliki daya tampung 22 juta meter kubik dan bisa mengairi 6.200 hektare.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden melalui Menteri PUPR atas diberikannya lokasi PSN bendungan yang ada di Jatim," ucapnya.

(frd/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER