Kelompok Massa Reuni 212 Subuh di Istiqlal, Polisi Minta Pulang

CNN Indonesia
Kamis, 02 Dec 2021 06:24 WIB
Berdasar pantauan sejak pukul 5.30, sejumlah kelompok massa 212 sudah menyebar di berbagai titik di sekitar Masjid Istiqlal yang tak jauh dari kawasan Monas. Ilustrasi. Peserta reuni acara Reuni 212 di Silang Monas, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Koordinator Lapangan (Korlap) Reuni Alumni Aksi 212 Ismail Ibrahim mengungkapkan Reuni 212 dengan tajuk 'Aksi Super Damai 212' akan berlangsung di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/12). Ismail menyatakan rencana aksi tersebut akan digelar pada pukul 08.00 WIB.

Ppantauan CNNIndonesia.com, sejak pukul 5.30, sejumlah kelompok massa 212 sudah menyebar di berbagai titik di sekitar Masjid Istiqlal yang tak jauh dari kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Meskipun Masjid Istiqlal terlihat ditutup, tampak salah satu kelompok massa 212 yang umumnya berbusana putih sedang melaksanakan salat subuh berjamaah. Sekitar 30 orang melaksanakan salat subuh di trotoar muka gerbang timur Masjid Istiqlal yang tertutup itu.


Sedangkan tampak di seberangnya, Katedral Jakarta juga dijaga oleh beberapa aparat keamanan Polri dan TNI. Mobil-mobil ambulans pun juga tersedia turut berjaga.

Namun, tidak tampak penjagaan khusus dari aparat kepolisian di sekitar Masjid Istiqlal. Meski demikian, sebuah Mobil Raisa tampak berkeliling mengitari area Istiqlal sembari memberikan peringatan agar massa reuni 212 yang berkumpul segera meninggalkan lokasi.

"Kami beritahukan bagi masyarakat yang merasa diundang reuni 212, bahwa kegiatan tersebut tidak ada. Silakan untuk meninggalkan lokasi," ujar suara komando dari Mobil Raisa.

Peringatan tersebut disampaikan berkali-kali, terutama di titik-titik ramai massa reuni 212. Suara komando menyoroti keberadaan anak-anak dan remaja yang masih di bawah pengawasan orang tua dengan meminta mereka kembali ke rumah.

Terlihat pula berbagai pedagang ikut mencoba peruntungan di tengah titik-titik kerumunan massa. Mulai dari pedagang kopi keliling hingga pedagang kaos turut menjajakan dagangannya.

Polda Metro Jaya sendiri tak memberi izin gelaran Reuni 212 di kawasan tersebut. Aparat pun menutup ruas jalan di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha atau sekelilinng Monas guna mengantisipasi massa aksi Reuni Alumni 212.

(cfd/kid)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER