Massa Reuni 212 Bubar, Kawasan Patung Kuda-Jl MH Thamrin Lengang

CNN Indonesia
Kamis, 02 Dec 2021 13:08 WIB
Kawasan Patung Kuda hingga Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, mulai lengang usai massa Reuni 212 perlahan membubarkan diri. Warga yang ingin mengikuti reuni alumni 212 di Patung Kuda harus menahan hasrat karena kawasan sekitar yang diblokade kepolisian. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah ruas jalan di kawasan Patung Kuda hingga Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, mulai lengang setelah massa aksi Reuni 212 mulai membubarkan diri.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 12.30 WIB, kepadatan di beberapa ruas jalan mulai dari Jalan MH Thamrin, Kebon Sirih, Wahid Hasyim, hingga Tanah Abang mulai kembali normal.

Ruas jalan tersebut sebelumnya dipadati massa yang hendak mengikuti Reuni 212 di sekitar kawasan Patung Kuda,meski akses jalan ke lokasi telah ditutup.


Di Jalan Kebon Sirih, Tanah Abang aparat masih menyisir dan meminta segelintir massa aksi yang masih bertahan.

Suasana lengang juga tampak di simpang Sarinah, Jalan MH. Thamrin. Lokasi itu sebelumnya dijaga puluhan aparat. Dua kendaraan taktis polisi masih terparkir di tepi jalan.

Di Jalan Kebon Sirih, yang berjarak sekitar 500 meter dari lokasi aksi Patung Kuda, arus lalu lintas juga tampak lengang. Meski demikian, puluhan aparat gabungan masih berjaga di posko tepi jalan.

[Gambas:Video CNN]

Meski massa telah membubarkan diri, akses ruas jalan menuju kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat dari arah MH Thamrin masih ditutup. Polisi menyebut penutupan dilakukan untuk berjaga-jaga hingga massa benar-benar steril.

"Penyekatan masih tetap kita lakukan di area seputar Patung Kuda dan Monas, masih dinyatakan steril dari massa," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (1/12).

Polisi sebelumnya membubarkan paksa ribuan massa aksi Reuni 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Pembubaran dilakukan sebab polisi tak memberikan izin pelaksanaan aksi tersebut. Meski demikian, sejak Kamis (2/12) pagi, massa tetap berkumpul. Sempat bertahan, massa akhirnya membubarkan diri setelah polisi mengurai kerukunan massa yang hendak berkumpul.

(thr, iam/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER