Reuni 212 Jakarta Bubar, Dialog di Bekasi Jumpa Ulama & Habib Virtual

CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 10:00 WIB
Reuni 212 akhirnya menggelar dialog terbatas di Bekasi dan gelar acara virtual Silaturahim bareng ulama dan habaib usai dilarang berkegiatan di Patung Kuda. Warga yang mengikuti agenda dialog Reuni 212 di Bekasi usai batal di Patung Kuda, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Taufiq Hidayatullah)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diblokade dan diminta mundur oleh aparat TNI dan polisi dari Patung Kuda, Jakarta Pusat, aksi reuni 212 akhirnya dibuat menjadi acara dialog di Masjid Nurul Islam, Rawabogo, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/12).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, agenda dialog berlangsung hingga sore menjelang magrib atau kurang dari pukul 18.00 WIB. Agenda tersebut diselenggarakan di Aula lantai 1, Masjid Nurul Islam.

Kendati demikian, tidak terlihat massa aksi memadati lokasi dialog ini. Ditemui di lokasi, Ketua Panitia Penyelenggara Reuni 212 Eka Jaya mengatakan pihaknya memang sengaja menyelenggarakan agenda dialog secara terbatas.


Ia menjelaskan, hanya mereka-mereka yang memiliki undangan dari PA 212 yang diperbolehkan mengikuti agenda dialog secara langsung.

"Iya, kalau untuk agenda dialog ini memang terbatas, hanya kepada 100 tokoh saja yang hadir secara langsung," jelasnya kepada wartawan.

Sementara untuk masyarakat awam, sambungnya, diarahkan untuk mengikuti agenda yang bertajuk 'Silaturrahim dan Dialog 100 Ulama, Habaib dan Tokoh Nasional: Bersama Mencari Solusi untuk Keselamatan NKRI' secara daring melalui Youtube.

Eka menjelaskan, agenda dialog ini sebelumnya direncanakan akan diselenggarakan di Masjid Az Zikra Sentul, Bogor. Namun rencana ini tidak terlaksana karena Yayasan Az Zikra tidak memberikan izin sebab masih dalam suasana berkabung.

Akhirnya, sambung Eka, Masjid Nurul Islam pun baru dipilih sebagai lokasi dialog pada Kamis pagi atau tepat sebelum agenda Reuni 212 berlangsung di kawasan Jakarta Pusat.

"Karena yang menyanggupi hanya pihak Masjid Nurul Islam. Sementara yang lainnya tidak berani karena sudah didatangi pihak-pihak tertentu," jelasnya.

Meskipun begitu, dirinya mengaku bersyukur seluruh rangkaian kegiatan Reuni 212 dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah. Ia pun berharap ke depan tidak ada lagi diskriminasi-diskriminasi yang dilakukan oleh pemerintah seperti yang terjadi pada Reuni 212 tahun ini.

Sebagai informasi, gelaran reuni alumni 212 yang rencananya digelar di kawasan Patung Kuda, luar Monas, Jakarta Pusat pada Kamis lalu dilarang aparat. Jalan-jalan di sekitar kawasan Monas diblokir dengan barikade kawat berduri hingga water barrier. Alhasil, massa pun hanya bisa berkumpul di titik-titik luar barikade itu, termasuk di Kebon Sirih.

Akhirnya sebelum tengah hari, massa reuni 212 pun bubar setelah ada pernyataan dari pihak panitia penyelenggara reuni alumni tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengungkapkan situasi di area Patung Kuda Arjuna Wijaya dan Monas terkendali aman. Reuni 212 yang direncanakan berlangsung di Patung Kuda Arjuna Wijaya batal terlaksana karena larangan aparat kepolisian dan Satgas Covid-19.

"Situasi 212 yang ada di Jakarta khususnya patung kuda dan sekitar sampai dengan siang ini syukur alhamdulillah situasi terkendali aman ya," ujar Zulpan kepada wartawan di Monas, Kamis.

Zulpan memaparkan bahwa larangan Reuni 212 di area Patung Kuda dan Monas karena tidak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya. Lebih lanjut, ia mengatakan tidak terdapat kelompok masyarakat manapun yang boleh berkumpul di sekitar Patung Kuda.

Namun, Zulpan juga mengakui bahwa pada pukul 10 pagi terdapat sekitar 500 orang yang mencoba masuk ke area Patung Kuda hingga melakukan longmars ke Jalan Wahid Hasyim. Setelahnya, massa Reuni 212 membubarkan diri.

"Setelah diberi pemahaman terkait aturan hukum dan juga dampak yang terjadi jika mereka melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda ini akan dapat sanksi-sanksi apabila tetap memaksakan kehendak," papar Zulpan.

Ia kembali menegaskan larangan berkerumun dan masyarakat berkumpul saat pandemi Covid. Tindakan massa Reuni 212 yang membubarkan diri, diapresiasi Zulpan sebagai tindakan yang mau memahami situasi.

(tfq, cfd/DAL)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER