Kasus Video Diduga Siskaeee, AP I Lacak Manifest Penumpang

CNN Indonesia
Jumat, 03 Dec 2021 20:08 WIB
Pelacakan lewat manifest penumpang dilakukan untuk mengungkap kasus video viral diduga Siskaeee di Yogyakarta International Airport. Ilustrasi tayangan asusila di dunia maya. (Foto: Istockphoto/jmiks)
Jakarta, CNN Indonesia --

Angkasa Pura I (Persero) melakukan pelacakan via daftar penumpang atau manifest penerbangan untuk mengungkap sosok dalam video perempuan pamer payudara yang diduga dilakukan di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), DIY.

"Untuk mendukung penyelidikan, kami masih melakukan tracking manifest penumpang sejak di tempat kejadian sampai dengan kemungkinan wanita tersebut melakukan aktivitas di Bandara YIA. Bahkan, sampai terbang menggunakan maskapai penerbangan via Bandara YIA," kata Pelaksana Tugas Sementara General Manager YIA Agus Pandu Purnama, Jumat (3/12).

Dia pun membenarkan video tak senonoh itu diambil di area YIA. Tepatnya, lantai dua parkir bandara yang dipakai untuk tempat mobil calon penumpang atau pengantar.


Pihaknya merasa dirugikan atas aksi eksibisionisme itu. Citra YIA yang susah payah dibangun, bahkan di tengah terpaan badai pandemi Covid-19, seakan tercoreng karenanya.

Dengan alasan itu pula pihaknya telah melaporkan peristiwa ini ke Polres Kulon Progo. AP I optimis polisi mampu mengusut sosok perempuan tersebut beserta penyebar videonya.

"Hasilnya [tracking manifest] nanti akan kami serahkan semuanya ke polisi untuk memperkuat proses penyelidikan," ucap Agus Pandu.

Belajar dari kasus ini, pihaknya berencana menambah jumlah unit kamera pengawas CCTV di titik buta. Pasalnya, video asusila tersebut dilakukan di akses jalan penghubung antara lantai satu dan dua yang memang tidak dilengkapi CCTV dan jarang dilalui.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat juga tidak melakukan aktivitas negatif di sekitar Bandara YIA," ungkap Agus Pandu.

Terpisah, Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso mengusulkan pembentukan polsek di Bandara YIA menyusul kasus video viral itu.

"Sudah saatnya di situ diperlukan untuk keberadaan polsek untuk bandara demi mengamankan kejadian-kejadian yang seperti itu," kata dia, di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Jumat (3/12).

Sampai sekarang, katanya, pengamanan YIA masih masuk dalam ranah Polsek Temon. Baginya, usulan ini perlu disampaikan melihat bandara yang masih akan terus mengembangkan potensinya.

"YIA kan bandara baru, sehingga tidak ada petugas dan petugas pengamanan. Jadi kita perlu menyarankan kepada Angkasa Pura perlu ada Polsek bandara karena YIA termasuk kawasan konomi khusus," katanya.

Sebelumnya diberitakan, video seorang perempuan memamerkan area intim yang diduga diambil di area YIA viral di media sosial. Polres Kulon Progo masih mendalami identitas sosok dalam video itu.

(kum/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER