Mahasiswi Diduga Korban Perkosaan Bunuh Diri, Polda Periksa Anggota

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Des 2021 15:40 WIB
Usai viral kabar mahasiswi bunuh diri diduga korban perkosaan oknum aparat, Polda Jatim mulai memeriksa salah satu anggota Polres Pasuruan. Ilustrasi korban kekerasan seksual. (Foto: Istockphoto/KatarzynaBialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mahasiswi di Jawa Timur, Novia Widiyasari, ditemukan tewas di Mojokerto diduga akibat bunuh diri. Kabar viral di media sosial menyebutkan ia merupakan korban perkosaan. Polda Jawa Timur pun memeriksa salah satu personel

Sebelumnya, media sosial diramaikan dengan kemunculan tagar #SAVENOVIAWIDYASARI. Berdasarkan informasi yang beredar, ia merupakan korban perkosaan R, seorang anggota kepolisian yang disebut memaksa Novia menggugurkan kandungan dengan menggunakan pil tertentu.

Jasad Novia sendiri ditemukan di dekat makam ayahnya, Dusun Sugihan, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis (2/12).


"Kami melakukan olah TKP dan menemukan satu botol berisi cairan dan setelah didalami tim kami juga menemukan 3 butir Potasium yang ditemukan di tempat sampah rumah korban," ujar Kapolsek Mojokerto AKBP Apip Ginanjar, dalam siaran video yang diterima, Sabtu (4/12).

Polisi menduga Novia bunuh diri dengan menenggak racun karena mengalami depresi setelah ditinggal sang ayah. Polisi mengklaim dugaan itu diperkuat dengan informasi dari sang ibu yang menyebut Novia sempat dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk konsultasi.

"Yang bersangkutan bunuh diri sesuai dengan keterangan dari ibunya karena yang bersangkutan ditemukan minum potasium itu yang terkait dengan dugaan yang bersangkutan alami depresi," tambah Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko.

"Ibunya sudah memberikan keterangan yang bersangkutan sudah pernah dibawa untuk konsultasi di RS Jiwa dan sudah diberi obat juga. Namun, dari versinya beliau kalau dari pengakuan dari ibunya itu yang bersangkutan setelah ditinggal Bapaknya agak mulai iya (kambuh) depresinya ditambah lagi yang bersangkutan belum berhasil untuk kelar kuliahnya," sambungnya.

Meskipun begitu, Gatot menyebut pihak Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jatim tetap mendalami mengenai dugaan keterlibatan anggota polisi dari Polres Pasuruan berinisial R di balik kematian Novia.

"Anggota dari Polres Pasuruan sudah dibawa ke Polda untuk dimintai klarifikasi dan keterangan yang bersangkutan karena kaitan dengan yang bersangkutan meninggal dengan fakta yang ada belum ada, hanya diisukan di media sosial, [bahwa Novia] itu korban perkosaan," jelasnya.

"Itu belum ada kaitannya menurut kami. Cuma, kami tetap akan mendalami dari yang bersangkutan (anggota berinisial R)," ucap Gatot.

Disclaimer kesehatan mentalDisclaimer kesehatan mental. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
(ryn/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER