Evakuasi Semeru Terkendala Jembatan Putus, Khofifah Cek Infrastruktur

CNN Indonesia
Sabtu, 04 Dec 2021 19:09 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa akan mengecek jembatan yang putus akibat erupai Gunung Semeru. Ilustrasi awan panas Gunung Semeru. (Foto: AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengaku akan segera bertolak ke daerah terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim.

Ia akan mengecek salah satu titik yang rusak, yakni Jembatan Gladak Perak. Rusaknya jembatan ini membuat evakuasi warga di Kecamatan Pronojiwo, terkendala.

"Lagi dicek infrastruktur dari Malang ke Lumajang, ada informasi ada jembatan yang harus dicek ulang," kata Khofifah, Sabtu (4/12).


Mantan Menteri Sosial RI ini baru akan bisa memberikan keterangan detail saat meninjau lokasi. Saat ini kata dia, seluruh pihak bahu membahu untuk melakukan penanganan dan evakuasi warga di daerah terdampak.

"Kalau aku sudah di sana bisa detail. InsyaAllah bupati wali kota yang di sana akan gotong royong," ucapnya.

Diketahui, Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, Sabtu (4/12) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran," kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia memaparkan hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga pun diminta untuk menyelamatkan diri.

Bencana ini membuat salah satu jembatan di Lumajang yang krusial bagi evakuasi terputus.

(frd/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER