BNPB Salurkan Bantuan untuk Perkuat Prokes di Kabupaten Badung

BNPB | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 13:43 WIB
Bantuan tersebut antara lain adalah masker medis, hand sanitizer, sabun batang, dan sabun cair guna membantu masyarakat menerapkan prokes yang sesuai. Ilustrasi bantuan BNPB yang diserahkan melalui Pemkab Badung, Bali. (Foto: Arsip BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melalui Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mengadakan distribusi bantuan logistik berupa sarana protokol kesehatan kepada masyarakat setempat.

Bantuan tersebut antara lain adalah masker medis, hand sanitizer, sabun batang, dan sabun cair yang bertujuan untuk membantu masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sesuai.

"Distribusi bantuan ini merupakan tindak lanjut dari pemerintah pusat melalui BNPB yang menyerahkan bantuan logistik kepada stakeholders yang ada di daerah seperti pemerintah, guru, termasuk desa adat," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa di Kuta Utara, Senin (6/12).


Adi mengatakan, meski jumlah bantuan itu sebenarnya tidak mencukupi banyaknya kebutuhan masyarakat, namun diharapkan bantuan dapat membangun kesadaran publik untuk menerapkan prokes. Terlebih, di masa pandemi yang landai ini masyarakat cenderung lengah terhadap prokes.

"Kami harus terus mengubah tatanan dalam segala aktivitas yang menjadi hal yang paling pokok adalah harus memakai masker, karena hampir 100 persen masyarakat kami sudah divaksin. Itu merupakan suatu upaya agar masyarakat kami dapat terhindar dari penularan Covid-19," katanya.

Sementara itu, Plt. Kalaksa BPBD I Wayan Wirya mengungkapkan, pendistribusian logistik dilakukan dalam rangka mendukung penerapan PPKM, serta untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19, sekaligus sebagai upaya siaga menyambut momen Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Badung.

Adapun bantuan logistik tersebut didistribusikan kepada enam Satgas Covid-19 di enam kecamatan se-Kabupaten Badung, 122 satgas gotong royong Covid-19 desa adat se-Badung, 286 SD negeri dan swasta, serta 67 SMP negeri dan swasta di seluruh wilayah Badung.

"Kami berharap semoga dengan bantuan ini dapat membantu petugas desa adat dan para guru dalam melaksanakan pencegahan Covid-19, dan mengedukasi, serta meningkatkan protokol kesehatan di dalam masyarakat, sehingga pandemi ini bisa kami tekan bersama," ujar Wayan Wirya.

(rea/rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER