Kronologi Bus SPN Polda Jambi Ditabrak Truk Angkut Kayu

CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 16:15 WIB
Polisi menyebut kronologi kejadian itu dipicu oleh truk melintas tanpa memperhatikan lintasan rombongan bus yang seharusnya mendapat prioritas. Ilustrasi kecelakaan bus. (Istockphoto/ Mykola Komarovskyy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Siswa Sekolah Pendidikan Kepolisian Negara (SPN) Polda Jambi bernama Denis Yonas Trangen meninggal dunia dalam insiden tabrakan antara bus pengangkut siswa tersebut dengan mobil truk bermuatan kayu karet di Simpang IV Paal X depan Polsek kota Baru, Kota Jambi, sekitar pukul 06.57 WIB, Selasa (7/12) pagi.

Kapolda Jambi, Irjen Rachmad Wibowo menjelaskan bahwa kronologi kejadian itu dipicu oleh truk yang melintas tanpa memperhatikan lintasan rombongan bus yang seharusnya mendapat prioritas.

"Menurut undang-undang mobil iringan ini tergolong mengangkut pasukan sehingga mendapatkan prioritas untuk melalui jalan," kata Rachmad saat dikonfirmasi, Selasa (7/12).


Ia menyebutkan bahwa rombongan bus semula sudah dikawal sesuai dengan prosedur dan ketentuan. Sesuai aturan, mobil membunyikan sirine dan menyalakan rotator. Hanya saja, truk melintas tanpa dari arah simpang rimbo hingga mengakibatkan kecelakaan.

Rachmad menyebut bahwa truk menabrak dari arah sebelah kiri belakang hingga mengakibatkan kendaraan terguling.

"Kendaraan sudah membunyikan sirine dan menyalakan rorator," jelas dia.

Walhasil, polisi kemudian mengamankan pengendara truk. Dugaan sementara, truk yang dikendarainya kelebihan kapasitas.

Dalam perkara ini, jumlah penumpang yang ada di dalam bus sebanyak 23 orang beserta sopir. Akibat kecelakaan tersebut, beberapa orang lainnya luka-luka dan satu siswa meninggal dunia.

Saat ini, kata dia, dua siswa dalam perawatan di ruang ICU RS Bhayangkara Jambi. Sedangkan sisanya, masih dalam observasi dokter.

"Untuk yang meninggal dunia hari ini akan diberangkatkan kembali ke daerah asal, kalau diijinkan saya sendiri akan mengantar dan menyampaikan duka kepada keluarga," jelas dia.

(mjo/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER