Ratusan Rumah Terendam Rob di Karawang, Tiga Dusun Terdampak

Antara | CNN Indonesia
Selasa, 07 Dec 2021 21:51 WIB
Ratusan rumah warga di pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam rob dampak cuaca ekstrem. Ilustrasi. Ratusan rumah warga di pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam rob dampak cuaca ekstrem. (Foto: ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)
Karawang, CNN Indonesia --

Ratusan rumah warga di pesisir utara Kabupaten Karawang, Jawa Barat terendam rob dampak cuaca ekstrem.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Karawang telah menerjunkan petugas ke lokasi banjir.

"Petugas sudah diterjunkan ke lokasi," ujar Kepala Pelaksana BPBD Karawang Yasin Nasrudin, Selasa (7/12).


Laporan mencatat rob di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya telah terjadi sejak beberapa hari terakhir Sekitar 400 rumah dari tiga dusun di desa tersebut terendam air 40-50 Cm.

Setidaknya 650 keluarga atau lebih dari seribu jiwa terdampak banjir rob di penghujung tahun ini. Air juga merendam 740 Hektare tambak di Desa Sedari.

Tiga dusun di Desa Sedari yang dilanda banjir di antaranya Dusun Tirtasari, Karangsari, dan Tanjungsari.

Sejumlah warga disebut sempat dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Namun, rob kembali terjadi sehingga petugas di lapangan kembali membantu evakuasi warga korban banjir karena air laut pasang tersebut.

Yasin menjelaskan daerah yang dilanda rob tersebut sebagai langganan bencana itu.

Rob di Indramayu

Selain di Karawang, tiga kecamatan di Indramayu juga terdampak banjir rob. Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyalurkan bantuan beras kepada warga terdampak.

"Kita salurkan enam ton beras kepada warga yang berada di tiga kecamatan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Indramayu Erpin Merpinda di Indramayu, Selasa (7/12).

Bantuan beras disalurkan kepada warga yang terdampak banjir robdi Desa Eretan Wetan, Eretan Kulon, Ilir, dan Kertawinangundi Kecamatan Kandanghaur, Desa Cemara Kulon di Kecamatan Losarang, dan Desa Cangkringdi Kecamatan Cantigi.

"Dengan adanya bantuan itu, kami berharap dapat menjamin ketersediaan pangan masyarakat yang terdampak rob," kata Erpin.

Rob di DKI Jakarta

BPBD DKI Jakarta mencatat 39 RT di Jakarta tergenang banjir rob pada Selasa (7/12). Berdasarkan laporan dari BPBD, 39 RT itu tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Kepulauan Seribu.

Di Jakarta Utara, rob merendam 11 RT di Kelurahan Pluit. Ketinggian air dilaporkan mencapai 80 cm. Rob juga merendam 11 RT di Kelurahan Ancol dengan ketinggian air 60-80 cm.

Selanjutnya, rob masing-masing merendam 1 RT di Kelurahan Penjaringan dengan ketinggian air 50 cm dan 1 RT di Kelurahan Pejagalan dengan ketinggian air 40 cm.

Di Jakarta Barat, banjir rob merendam 5 RT di Kelurahan Kedoya Utara, 1 RT di Kelurahan Rawa Buaya, 5 RT di Kelurahan Kamal, dan 3 RT di Kelurahan Tegal Alur. Ketinggian air sekitar 40-50 cm.

Sementara di Kepulauan Seribu, ada 1 RT di Kelurahan Pulau Pari yang terendam rob dengan ketinggian 50 cm. BPBD melaporkan tidak ada pengungsi imbas rob di sejumlah daerah itu.

(Antara/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER