PKB Soal Reshuffle: Belum Ada Bisik-bisik dari Istana

CNN Indonesia
Rabu, 08 Dec 2021 13:51 WIB
PKB menyebut belum mendapatkan informasi apapun tentang rencana Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet. Politikus PKB Jazilul Fawaid. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid mengaku melihat bakal ada kejutan terkait reshuffle atau kocok ulang kabinet. Namun, Menurutnya, belum ada informasi apapun soal reshuffle kabinet hingga saat ini.

"Sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana. Tapi saya melihatnya kalau begini, biasanya ada kejutan, tunggu saja kejutannya, karena belum ada nih," kata Jazilul kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Rabu (8/12).

Terkait kemungkinan reshuffle kabinet dilakukan pada 22 Desember 2021 atau tepat pada Rabu pahing-berdasarkan penanggalan Jawa, Jazilul hanya berkata bahwa tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Ibu.


Namun, ia tak mau memastikan apakah reshuffle kabinet akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 Desember 2021 atau tidak.

"Yang jelas 22 Desember itu hari Rabu pahing bertepatan dengan Hari Ibu, itu saja. Karena reshuffle-nya kan belum, kalau itu sudah pasti itu kalau 22 Desember sudah pasti Rabu pahing dan Hari Ibu. Kalau terjadi hari itu, ya berarti tebakan teman-teman benar," ucap Jazilul.

Wacana reshuffle memang terus menguat terutama pascapelantikan Panglima TNI baru Jenderal Andika Perkasa. Namun, pihak Istana hingga kini membantah kabar tersebut.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, menyebut tak ada rencana kocok ulang atau reshuffle kabinet pada Rabu (8/12). Pratikno mengatakan pemerintah berfokus menangani pandemi Covid-19.

"Setahu saya tidak ada rencana tersebut. Jadi, pokoknya semua menteri tetap bekerja seperti biasa, semua wamen tetap kerja," kata Pratikno di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari rekaman yang diterima, Rabu (1/12).

Jokowi pun diketahui mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. Jokowi datang setelah banjir di kabupaten itu surut.

Jokowi berangkat dari Jakarta sejak pagi. Mantan wali kota Solo itu didampingi rombongan terbatas dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang.

(mts/ain)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER