Napi Lapas Tangerang Kabur Setelah Dapat Izin Keluar dari Petugas

CNN Indonesia
Senin, 13 Des 2021 09:35 WIB
Narapidana kasus narkoba melarikan diri dari Lapas Tangerang melalui tempat cucian mobil setelah diizinkan keluar oleh petugas. Napi di Lapas Klas IA Tangerang melarikan diri setelah izin ke petugas. (Foto: AP/Dita Alangkara) (Foto: Istockphoto/Dony)
Jakarta, CNN Indonesia --

Narapidana kasus narkoba melarikan diri dari Lapas Klas 1A Tangerang melalui tempat cucian mobil setelah diizinkan keluar oleh petugas.

Kantor Wilayah Kemenkumham Banten menjelaskan napi berinisial A itu memang bekerja di steam mobil milik lapas tersebut. Tempat cucian mobil itu berada di pelataran lapas.

Saat itu, napi tersebut meminta izin keluar kepada petugas lapas yang berjaga. Begitu telah dizinkan, dia langsung kabur melarikan diri pada Rabu (8/12) lalu.


"Iya diizinkan keluar kemudian lari gitu. Iya dari situ keluar di pintu pencucian mobil lari gitu. Jadi bukan kabur dari dalam lompat tembok, tapi napi ini ada proses izin keluar kemudian saat berada di luar itu lari gitu aja," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Agus Toyib, Minggu (12/12).

Atas kejadian itu, Kanwil Kemenkumham Banten masih memeriksa petugas yang berjaga kala itu. Agus mengatakan pihaknya telah menerjunkan tim untuk pemeriksaan sejak Kamis (9/12).

Pihaknya masih meminta keterangan dari petugas yang berjaga di tempat cucian mobil. Namun Agus belum menyebutkan berapa petugas yang diperiksa. Tim Ditjenpas juga ikut dikerahkan dalam pemeriksaan ini.

"Jadi napi ini kan ada di luar, kemudian lari gitu ya, nah kemudian yang di luar ini ada yang ngawasi kan, ada petugas yang ngawasi kan, jadi ini lagi dimintain keterangan ke pihak ini dulu baru ke atas," imbuh Agus.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen PAS Kemenkumham), Rika Aprianti, membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, napi tersebut telah menjalani penahanan selama lima tahun.

Baca berita selengkapnya di sini.

(detik/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER