PSI Usul Pansus Sumur Resapan Anies, Gerindra Anggap Cari Sensasi

CNN Indonesia
Rabu, 15 Des 2021 16:12 WIB
Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengusulkan pansus sumur resapan Anies Baswedan. Namun, usul tersebut dianggap Gerindra sebagai upaya PSI mencari sensasi. Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengusulkan pansus sumur resapan Anies Baswedan. Namun, usul tersebut dianggap Gerindra sebagai upaya PSI mencari sensasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengusulkan pembentukan panitia khusus (Pansus) sumur resapan. PSI mengaku menerima banyak aduan masyarakat terkait pembangunan sumur resapan yang bermasalah di sejumlah titik.

"Sumur Anies Baswedan ini ada yang merusak jalan, ada yang terbengkalai, hingga yang mengancam keselamatan pengguna jalan. Sumur Anies empat ratus miliar resahkan warga," kata Anggota Komisi D DPRD DKI dari Fraksi PSI, Justin Adrian dalam keterangan tertulis, Rabu (15/12).

Justin mengatakan data pembangunan sumur resapan juga tak terbuka. Ia menuding Pemprov DKI Jakarta menyembunyikan banyak masalah dalam pembangunan sumur resapan.

"Kami terus meminta data pembangunan sumur resapan dibuka kepada publik karena tahun ini titiknya sangat banyak. Saat Pemprov tidak membuka data tersebut, kami jadi curiga ada yang ditutup-tutupi," ujarnya.

Ia meyakini pembentukan pansus dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam pembangunan sumur resapan ini.

"Langkah ini harus kami ambil karena Pemprov DKI kurang terbuka. Kami harap fraksi-fraksi lain juga dapat mendukung langkah ini, kami ingin pastikan warga Jakarta menerima manfaat dari 411 miliar rupiah lebih ini," katanya.

Gerindra Sebut PSI Cari Sensasi

Sementara Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menilai langkah PSI yang mengusulkan pembentukan pansus sumur resapan hanya untuk mencari sensasi.

"PSI selalu cari sensasi aja, dia kan enggak pernah menceritakan yang bagus. Dari 1.000 (sumur resapan) yang dipasang, 1 rusak, 1 yang dimasalahin," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (15/12).

Taufik menyinggung peristiwa jeblosnya mobil Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka di salah satu sumur resapan yang berada di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

"Orang yang lewat situ enggak ada yang kejeblos, dia doang yang kejeblos. Kan mesti bertanya-tanya dong, kalau ada lima orang lewat yang satu kejeblos yang salah siapa," ujar Taufik.

Namun demikian, ia mempersilakan jika memang PSI ingin mengusulkan pansus tersebut. Menurutnya Fraksi lain di DPRD tidak akan mendukung usulan PSI itu.

"Suruh aja ajuin. Dia suruh ngajuin aja kan ada syaratnya pansus. Ada syaratnya ajuin aja 16 orang terus disepakati atau enggak di paripurna," katanya.

Program sumur resapan di Jakarta mendapat kritik dari sejumlah masyarakat, mulai dari tidak efektif, hingga rusak meski baru dibangun. DPRD DKI Jakarta pun menghapus anggaran sumur resapan di APBD DKI 2022.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menindak kontraktor terkait pembangunan sumur resapan yang ambles. Ia menyebut akan mengevaluasi dan bakal mengenakan denda jika ada penyimpangan dalam pembangunan.

Anies memerintahkan anak buahnya untuk memanggil semua pihak terkait pembangunan sumur resapan. Ia ingin memastikan program itu berjalan sesuai standar.

"Tentu kami akan bertindak tegas jika terjadi permasalahan melalui mekanisme penalti terhadap kontraktor terkait jika terdapat penyimpangan," kata Anies dalam keterangan tertulis, Minggu (5/12) .

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER